Buat kamu yang masih pemula, mungkin banyak yang berpikir kalau membuat situs website memerlukan biaya besar hingga jutaan rupiah, padahal situs website bisa dibuat tanpa biaya sama sekali, baik itu hosting (penyimpanan file web) maupun domain (alamat situs website).

Dan bahkan situs website dengan pembuatan gratis banyak mengungguli situs berbayar yang lebih mahal. Sebut saja contohnya situs salah seorang blogger terkenal yang ahli SEO yaitu www.inabuy.com.

Dari segi tampilan mungkin banyak orang berpikir kalau situs ini dibuat dengan biaya mahal karena tampilannya yang begitu bagus. Padahal untuk membuat situs tersebut ternyata gratis dan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Syarat utama ketika kita ingin bikin atau membuat sebuah situs website maka ada 3 komponen yang harus dipenuhi, yaitu hosting tempat menyimpan file situs, domain atau alamat situs untuk diakses orang.

Seperti contoh alamat situs di atas, CMS-nya atau kepanjangannya ‘Content Management Sistem’ untuk menata dan mengatur isi dan tampilan situs website Kamu, serta yang terakhir adalah template atau tampilan atau kulit dari situs.

Kamu pada saat orang membukanya, misalnya tampilan template 3 kolom, 2 kolom, atau bahkan ada yang 1 kolom saja.

Dari ketiga komponen situs website di atas lah yang akan kita bahasa satu per satu bagaimana cara memperolehnya tanpa harus membayar sama sekali. Penasaran caranya gimana? Simak yuuk.

1Mendapatkan Hosting Gratis

triwahyudi.com

Seperti contoh situs www.inabuy.com yang tampilannya bagus dan pengunjungnya ribuan per hari ternyata tidak menggunakan hosting berbayar, tapi hosting gratis dari blogspot.

Ya, hanya dengan menggunakan blogspot atau blogger kamu sudah bisa membuat situs website dengan tampilan seperti itu. Caranya cukup buat blog di blogspot seperti biasanya dengan cara-cara pada umumnya, atau kalau belum tau baca artikel ini.

Cara Membuat Blog Blogger’ Jangan bingung dulu kenapa tampilan www.inabuy.com bisa tampak sangat profesional, bagaimana cara membuatnya? Untuk itu tidak usah khawatir karena akan dibahas lagi di bawah.

2Mendapatkan Domain dot com yang Gratis

okezone.com

Guys, setelah kamu membuat blog seperti pada cara pertama di atas selanjutnya optimasi blogmu dengan mengisi artikel-artikel yang banyak di cari orang agar pengunjungnya bisa ribuan per hari.

Jika telah banyak pengunjungnya maka tinggal kamu pasangi iklan seperti iklan dari IdblogNetwork dot com yang membayar kamu Rp.1000 per klik, AdsenseCamp dot com yang membayar Rp.300 per klik.

Dan juga PopAds dot net yang rata-rata penghasilannya antara 1000 hingga 3000 per harinya. Dalam waktu setahun pasti akan terkumpul biaya untuk membeli domain yang harganya tidak lebih dari 100ribu.

Nah, dari situlah kamu bisa membeli domain tanpa mengeluarkan biaya sendiri atau dengan kata lain situs dot com mu nanti gratis.

Dari dua cara ini sebenarnya kamu sudah tau cara membuat situs website gratis, hanya saja cara pengaturannya belum dijelaskan bagaimana agar tampilannya sepertiwww.inabuy.com

3Memperoleh CMS

cms2cms.com

Nah, unsur ini digunakan untuk mengatur tampilan situs websitemu. Khusus untuk CMS, sebenarnya jika kita sudah membuat blog di blogspot atau blogger berarti kita sudah mempunyai CMS.

Jadi tinggal pengaturan tampilannya saja dengan mengganti template bawaan dari blogspot agar blogmu bisa berubah jadi situs profesional seperti www.inabuy.com di atas.

4Template Gratis

krishnabalagita.wordpress.com

Untuk mendapatkan template tersebut secara gratis tidak perlu repot karena sudah banyak sekali situs yang menyediakannya untuk di download langsung tanpa bayar sama sekali.

Berikut adalah daftar situs penyedia template gratis yang terpercaya, seperti www.mastemplate.com, www.zoomtemplate.com, www.borneotemplate.com, www.btemplates.com, www.template4u.com.

Sebenarnya masih banyak lagi website yang menyediakan template-template gratis, tapi kelima situs tersebutlah yang umumnya banyak digunakan para blogger untuk mendownload template kesukaannya.

Setelah di download tentu harus dimasukkan dalam situs blogmu, nah untuk caranya sudah banyak sekali di bahas oleh blog-blog lokal, jadi untuk caranya silahkan saja kamu ketik di google ‘Cara Mengganti Template Blogspot’.

Usahakan cari tutorial terbaru yang ditulis tahun ini atau bulan ini agar sesuai dengan cara terbaru di blogspot.

5Membuat Logo Online .

Ini penting sekali dilakukan karena dengan memiliki logo di header blogmu maka kamu akan bisa menampilkan brandmu.

Kebetulan ada layanan yang bagus untuk itu, yakni Logaster yang gratis dan bisa pilih berbagai aneka design tanpa harus buat sendiri. Selain itu kamu juga bisa buat kartu nama, amplop dengan logo, kop surat dan lainnya.

Gimana Guys? Tertarik mencoba? Semoga bermanfaat.

SHARE