Di tengah hingar binger suasana lega setelah menjalani ujian akhir nasional (UN) di SMA, para siswa sepertinya harus mulai siap dag dig dug menunggu bagaimana hasil pengumuman kelulusannya.

Selain itu, bagaimana rencana ke depan setelah lulus sekolah juga harus mulai dipikirkan dengan sangat matang agar tidak salah ambil langkah dan menyesal di kemudian hari.

Bagi yang ingin bekerja karena tuntutan kondisi ekonomi atau memang memiliki pilihan ingin memiliki pengalaman bekerja sejak dini, maka segeralah merencanakan pekerjaan apa yang akan diambil.

Pun bagi yang ingin berwirausaha, segeralah menata kesiapan baik fisik, mental, maupun modal untuk memulai usaha yang kamu impikan.

Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan, jangan asal saja dalam memilih disiplin ilmu hanya karena suka sesaat atau ikut-ikutan teman.

Karena kelak disiplin ilmu yang kamu pilih juga ikut andil dalam menentukan langkah karier apa yang akan kamu tempuh di masa depan.

Yang pertama kamu harus bisa menggali informasi kuat mengenai beberapa pilihan jurusan yang kamu minati, cari tau ke depannya bagaimana karier yang berkorelasi dengan jurusan tersebut.

Setelah kamu mengumpulkan informasi yang cukup, coba konsultasikan dengan orangtua dan guru Bimbingan Konseling di sekolahmu, konsultasi tersebut untuk membantu memantapkan pilihanmu.

Dengan informasi dan masukan dari orangtua serta guru BK yang memiliki pandangan lebih bagus dalam masalah karier ke depan, coba kamu cari kenalanmu atau alumni sekolah yang kebetulan kuliah di jurusan tersebut.

Tanyalah kepada mereka bagaimana gambaran kuliah di sana dan apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk memulai adaptasi dengan jurusan tersebut.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu memenuhi beberapa persyaratan dengan mulai menyiapkan apa-apa yang diperlukan sebelum mulai mendaftar.

Dalam setiap langkah yang kamu lakukan, jangan lupa selalu menyertakan pilihan Tuhan, yaitu dengan memohon petunjuk dan perlindungan dariNya.

Selamat memilih jurusan kuliah!