Kita semua sepakat bahwa jendela ilmu dan dunia bisa didapat dari buku. Dengan membaca buku, seolah-olah apa yang tertulis di dalamnya menjadi pengalaman kita juga. Karena itulah, penting bagi anak-anak kita akrab dengan buku sebagai makanan bergizi untuk jiwa dan otak mereka.

Sehingga kita perlu untuk membuat mereka mencintai kegiatan membaca dan mendalami isi buku. Hanya saja, pada era saat ini cukup sulit mengenalkan buku dari kecil kepada mereka. Sebagai orang tua, harus bisa membuat suasana membaca buku menjadi menyenangkan.

Selain itu, juga harus tepat dalam memilih buku bagi anak. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih buku bagi anak.

1Sesuaikan dengan Usia Anak

geraikaca.com

Pilihlah buku cerita untuk anak. Karena anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dan mereka sangat suka jika diberikan cerita sebagaimana yang mereka imajinasikan setiap hari. Selain itu, sesuaikan juga dengan usia anak.

Bila anak kita masih balita dan belum bisa membaca, kita perlu mencarikan yang sedikit kata-katanya dan lebih banyak gambar. Kita bisa mengembangkannya dengan bercerita tentang apa yang ada dalam setiap sketsa gambar tersebut. Biarkan anak kita mengimajinasikannya dalam pikiran mereka.

2Kenali Minat Anak Saat Akan Memilih Buku

bundakonicare.com

Sebelum memilih buku untuk anak-anak kita, perlu terlebih dahulu mengetahui minat dan bakat mereka. Hal ini untuk bisa memperkuat minat dan bakat mereka dengan buku yang kita berikan.

Caranya dengan mengamati keseharian mereka. Jika anak terlihat antusias dengan sesuatu, bisa jadi itulah minatnya. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan kepada mereka sebelum membelikan buku, atau bisa juga minta mereka memilih buku apa yang diinginkannya.

3Cari Buku yang Kaya Ilustrasi

psikologan.blogspot.com

Latihlah daya imajinasi anak dengan membacakan buku melalui metode bercerita atau story telling. Hal ini lebih mudah untuk mengarahkan imajinasinya. Ditambah lagi dengan menggunakan ilustrasi atau gambar sehingga imajinasi mereka lebih terarah.

Buku yang kaya akan ilustrasi juga akan menjadikan anak-anak menikmatinya walau tidak didampingi oleh orang tua. Apalagi bila mereka pernah mendapatkan cerita dengan ilustrasi dari buku tersebut. Maka anak bisa mengulang ‘rekaman’ tersebut dengan sekedar melihat ilustrasi saja.

4Periksa Isi Buku atau Muatan Terlebih Dahulu

bundakiranareza.wordpress.com

Penting sekali memeriksa isi buku yang hendak dikonsumsi oleh anak-anak. Jangan karena kelalaian kita sehingga anak-anak merekam isi buku yang tidak sesuai dengan usianya atau hal-hal yang mengarah pada keburukan. Mutlak bagi orang tua untuk selalu memeriksa isi buku terlebih dulu ya.