Memiliki Istri Pembangkang? Para Suami Perlu Mencoba 4 Langkah Ini untuk Mengatasinya

Posted on

Kehidupan rumah tangga tak pernah lepas dari yang namanya pernak-pernik khasnya, ada suka ada pula duka. Ada tawa ada pula tangis.

Tak selamanya dalam pernikahan selalu manis, bahkan ada kalanya Tuhan menguji kesetiaan cinta pasangan suami istri dalam berbagai cara yang ringan sampai berat.

Satu-satunya cara dalam mengokohkan rumah tangga adalah dengan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan, saling percaya, dan saling memahami.

Namun begitu, ternyata di luar sana masih banyak wanita atau para istri yang memegang teguh ego mereka masing-masing. Merasa bahwa suami harus memahami mereka tanpa sadar tuga smereka dalah taat pada suami.

Selama suami memerintahkan pada kebaikan di jalan Tuhan, maka wajib bagi istri untuk patuh kepadanya. Karena suami adalah imam, pemimpin rumah tangga.

Nah, jika ada beberapa suami di luar sana yang memiliki permasalahan dengan karakter istri yang cenderung membangkang, jangan buru-buru marah dan menceraikannya langsung.

Namun pelan-pelan hadapilah dengan 4 langkah berikut ini:

Memberi Peringatan dengan Tingkatannya

kiki widyasari harmonis dengan suami
kabarummat.com

Melihat istri yang salah, sudah tugas suami mengarahkan dan mendidiknya menjadi lebih baik dan tak lagi mengulangi kesalahan tersebut.

Berikan pengertian yang baik dan lembut sebagai awalan. Jika tak diindahkan, lanjutkan dengan peringatan keras namun tak merendahkan harga dirinya.

Berpisah Ranjang

difaulhusna blogspot com
difaulhusna.blogspot.com

Jika peringatan berupa nasehat atau bahkan dengan sedikit ketegasan sama sekali tak direspon oleh istri, maka suami bisa mengambil tindakan yang lebih tegas lagi.

Bisa dengan ancaman pisah ranjang atau benar-benar melakukan pisah ranjang dan mendiamkan istri selama beberapa hari agar dia sadar.

Diharapkan dengan peringatan secara psikologis itu istri akan sadar dan merasa bersalah, kemudian mau bertaubat dan menghindari kesalahan seperti yang telah diingatkan oleh suami.

Memukul

niceguy2-00014
k-dramafreaks.blogspot.com

 

Memukul disini dilakukan dengan catatan jika memberi peringatan maupun memberi beban psikologis pada istri yang membangkan sudah tidak mempan lagi.

Pukulannya juga bukan pukulan yang membuat istri cedera parah atau mendapatkan kesakitan, serta juga tidak pada bagian wajah.

Diharapkan pukula yang tidak melukai tersebut dapat menajdi peringatan secara fisik untuk para istri agar lebih patuh pada peringatan suami untuk kembali kepada jalan kebaikan dan tidak membangkang lagi.

Sekali lagi, pukulan disini dengan catatan bukan pukulan emosi dan luapan kebencian, namun pukulan penuh kecintaan dan kasih sayang untuk mengembalikan istri ke jalan yang benar.

Menyerahkan Urusan pada Ahlinya

laraspostonline com
laraspostonline.com

Jika ternyata baik peringatan lisan, tulisan, beban psikologis, maupun pukulan tak lag ibis amembuat istri tersadar akan kesalahannya dan masih menjadikannya seorang pembangkang pada suami, maka suami perlu mengambil langkah terakhir.

Langkah tersbeut adalah menyerahkan keputusannya pada ahlinya atau hakim yang emmahami permasalahan tersebut. Apakah si istri akan terus dipertahankan atau diberikan talak atau cerai.

Seorang ahli atau hakim itu akan menajdi perantara yang tidak akan memihak manapun namun memihak hanya pada kebenaran.

Dengan keempat langkah secara bertahap tersebut, diharapkan istri kembali ke jalan yang benar sehingga kehidupan rumah tangga akan kembali harmonis dan penuh kasih sayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *