s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Tips Ampuh untuk Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot

Posted on

Saat kamu sedang tiduran di kamar, tiba-tiba kamu mendapat pesan dari teman mu tentang peristiwa yang terjadi di luar kota ataupaun di luar negeri. entah tentang peperangan ataupun bencana alam.

Tak hanya itu ketika kamu membuaka situs jejaring sosialmu, muncul lah beberapa berita yang tertulis lengkap baik tentang info belanja, ilmu pengetahuan atau berita terkini.

Disadari atau tidak, di era modern ini informasi berkembang sangat pesat. Boleh dikatakan tanpa kita harus beranjak dari tempat tidurpun, kita dapat mengakses berbagai informasi.

Internet. Siapa yang tidak mengenal istilah internet di jaman modern seperti ini. Ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan internet memang sangat besar.

Tak heran jika informasi sekarang ini beredar dengan sangat cepat melalui internet seperti media sosial, situs berita dan juga blog. Masyarakat juga dapat mengetahui berita terbaru melalui facebook, twitter, dll.

Akan tetapi, saat kita tengah asik browsing untuk mencari berita, koneksi internet lambat, hal itu bisa menjadi sesuatu yang menjengkelkan.

Lambatnya koneksi internet bisa menghancurkan mood kita untuk menjelajahi dunia internet. Baikalah, agar kita tetap bisa mengakses internet dengan nyaman berikut cara memepercepat koneksi internet.

Mengubah Setting Bandwith

internetcepat.com

Bandwith merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal untuk keperluan transmisi data atau bisa dikatakan kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentrasnfer data dalam hitungan detik.

Fungsi banwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Pada umumnya untuk komputer atau laptop yang bersistem windows, koneksi internet maksimal hanya bisa dipakai 80%, selebihnya 20% digunakan untuk fungsi lain-lain.

Nah, agar koneksi internet cepat kamu bisa memaksimalkan menjadi 100%. Maka dari itu dapat dilakukan dengan cara berikut.

Klik Start pada windows, pilih Run dan ketik gpedit.msc pada kotak kosong yang diesediakan kemudian klik ‘OK’.

Selanjutnya pilih Computer Configuration – Adiministrative Templates – Network – Qos Packet Scheduler. Kemudian double klik Limit Reservable Bandwidth. Pilih menu Enable dan ini bandwidth dengan nilai 0.

Langhkah terakhir klik apply dan restart komputer.

Mengubah DNS pada Komputer

internetcepat.com

Selain dengan cara mengubah setting bandwidth, kamu dapat mempercepat koneksi internet dengan mengganti DNS nya.

DNS atau Domain Name System merupakan aplikasi yang membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau email.

Cara mengganti DNS yaitu pertama buka Control Panel pada komputermu. Pilih Network and Internet lalu Network and sharing > Local Area Connection. Slenajutnya pilih Propetis > Internet Protocol Ver. 4 > Propertis.

Setelah itu ubahlah DNS > Prefered DNS : 208.67.222.222 > Alternate DNS : 208.67.220.220. Kemudian klik OK.

Pilih Provider yang Kompeten

upload.wikimedia.org

Kamu sebaiknya jangan mudah tergiur dengan promosi dengan harga murah yang ditawarkan oleh Internet Service Provider (ISP) tertentu.

Pilihlah ISP yang sudah terbukti kompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet.

Kamu harus berpikir cerdas, karena harga tidak bisa bohong. Harga ISP yang ditawarkan agak mahal tentu sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan.

Modem yang Memadai

id.yarsi.ac.id

Modem atau Modulator Demodulator, tentu kita tak asing dengan pernagkat ini.

Pernagkat elektronik ini digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu yang kemudian diproses melalui saluran telepon.

Sekarang marak modem yang simple, modem yang bisa dibawa kemana-mana seperti halnya flashdish.

Bahkan bisa dikatakan, untuk kamu yang haus akan informasi di dunia maya, modem adalah teman setia komputer jinjing mu (laptop). Modem memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Gunakan modem dengan spesifikasi kecepatan data cukup besar agar koneksi internetmu lancar dan maksimal. Biasanya modem yang digunakan memiliki kecepatan koneksi 256 Kbps.

Gunakan Gadget Berspesifikasi Tinggi

s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Jika perangkat komputermu ketika digunakan koneksi internetnya sangat lambat, tak ada salahnya kamu menggantinya.

Kamu dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat gadget atau komputer mu.

Gunakan perangkat yang memiliki RAM, prosesor dan harddissk yang berkapasitas tinggi agar koneksi internet mu lancar.

Nah, di atas adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas agar koneksi internet mu lancar, dan kamu pun dapat menjelajah dunia maya dengan puas. Selamat mencoba.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *