Banyak sekali bentuk kedermawanan yang bisa kita ajarkan kepada anak, mulai dari berbagi makanan dengan teman, meminjamkan mainan, ataupun bersedekah untuk mereka yang membutuhkan.

Dari kecil, anak harus diajak untuk merasakan penderitaan orang lain atau berempati dengan kondisi orang lain. Sehingga, jika dewasa nanti, karakter berbagi atau dermawan sudah melekat di hati mereka.

Nah, inilah yang dilakukan seorang ibu untuk mengajarkan berempati kepada anaknya. Ibu ini ingin mengajarkan kepada anaknya yang berusia 8 tahun bernama Tara Smith-Atkins untuk memikirkan kondisi gelandangan saat musim dingin.

Di musim dingin, jangankan di jalanan, di dalam rumah pun rasa dinginnya seolah-seolah menusuk tulang. Bagaimana nasib gelandangan di luar sana? Oleh karena itu Tara Smith-Atkins dan teman-temannya melakukan kegiatan mengumpulkan jaket.

Jaket-jaket yang terkumpul ini lalu mereka ikatkan di tiang-tiang listrik. Hal ini dilakukan untuk membantu para gelandangan mempersiapkan diri dimusim dingin.

Bagaimana aksi anak-anak ini, langsung kita lihat foto-fotonya yuk!

1Aksi Pertama

boredpanda.com

Beginilah cara mereka mengikatkan jaketnya di tiang listrik. Mereka dibantu oleh orang dewasa untuk mengikatkannya. Caranya jaketnya dikancingkan dan bagian atas jaketnya diikat menggunakan syal.

Wah, beruntung sekali ya ada anak-anak seperti ini yang memikirkan bagaimana nasib gelandangan saat musim dingin. Inilah bentuk nyata bagaimana berempati untuk anak-anak.

2Aksi Kedua

boredpanda.com

Setelah meletakkan jaket-jaket ini di jalanan, anak-anak ini pun meninggalkan tulisan di jaketnya. Mereka bilang bahwa jaket ini bukanlah barang hilang, jadi jika siapa saja yang terjebak dalam dingin, mereka boleh mengambil jaket itu.

Tindakan yang sangat romantis ya. Mereka menebarkan kebaikan dan kasih sayang kepada sesama dengan cara seperti ini. Kalau di Indonesia mungkin dalam hitungan menit saja jaket ini pasti sudah raib.

3Aksi Ketiga

boredpanda.com

Lihatlah betapa semangatnya anak-anak ini di jalanan. Kenapa mereka bisa bersemangat sekali ya? Ini dikarenakan mereka memahami bahwa jaket ini memiliki fungsi yang penting di musim dingin.

Hal ini mudah sekali dipahami oleh anak-anak, karena mereka secara langsung bisa merasakan dampaknya jika mereka tidak menggunakan jaket saat musim dingin.

Dengan pengetahuan tentangĀ  pentingnya jaket di musim dingin, inilah yang membuat mereka bersemangat membantu orang-orang di sekitar mereka yang membutuhkan. Sehingga mereka mempersiapkan musim dingin untuk gelandangan.

4Aksi Keempat

boredpanda.com

Setelah satu jam melakukan aksinya, anak-anak ini pun kembali ke mobil untuk pulang. Saat itulah anak-anak ini menangis karena merasa kedinginan.

Padahal baru satu jam lho ya, bayangkan deh bagaimana nasib gelandangan yang sepanjang hari berada di luar rumah. Dengan begini mereka benar-benar akan merasakan bagaimana penderitaan orang lain.

5Aksi Kelima

boredpanda.com

Untuk bisa melakukan aksinya ini, mereka membutuhkan waktu beberapa minggu. Kenapa butuh waktu? Karena mereka butuh waktu untuk mengumpulkan jaket-jaketnya.

Jaket-jaket ini mereka kumpulkan dari berbagai komunitas. Barulah setelah terkumpul jaket yang cukup banyak, mereka akhirnya turun ke jalan-jalan di Canada. Wah, aksi seperti ini perlu kita contoh lho!

6Aksi Keenam

boredpanda.com

Dalam aksi ini, selain anak-anak belajar berempati terhadap sesama, mereka pun belajar untuk bekerjasama. Mulai dari bekerjasama mengumpulkan jaket-jaketnya sampai bekerjasama saat mengikatkannya.

7Inilah Mereka

boredpanda.com

Inilah anak-anak berhati mulia itu. Jika kita lihat dari senyum yang terkembang dari bibir mereka, sepertinya mereka senang melakukan kegiatan ini. Dan pastinya banyak pelajaran yang mereka dapatkan dari aksi ini.