Sejarah Kerajaan Ottoman yang berpusat di Turki dulunya merupakan salah satu kerajaan terbesar dengan waktu terpanjang dalam sejarah dunia. Tentu banyak cerita sejarah yang begitu menakjubkan hingga kerajaan ini bisa begitu besar.

Simak beberapa fakta sejarah yang dimiliki kekaisaran Islam terbesar sepanjang sejarah berikut ini.

1Bertahan Selama Lebih Dari 600 Tahun

transanatolie.com

Peradaban Kerajaan Ottoman berada selama lebih dari 600 tahun. Didirikan pertama kali pada tahun 1299 dan runtuh pada tahun 1923, berubah menjadi negara Turki dengan sebagian kecil wilayahnya.

2Pendiri Kerajaan Ottoman

agahasrin.com

Pendiri kerajaan ini bernama Sultan Osman Ghazi, pada tahun 1299. beliau dikenal sebagai Osman I. Memperluas kerajaannya hingga sampai beberapa wilayah di sekitarnya.

3Menaklukkan Konstantinopel

historia.id

Semenjak kerajaan Ottoman berdiri, wilayah kekuasaan kerajaan ini terus meluas. Ketika itu, terdapat kerajaan lain yang cukup kuat, Kerajaan Bizantium di Romawi Timur. Kemudian pada tahun 1453 Masehi, penguasa Ottoman ketika itu, Sultan Mehmed II berhasil menaklukkan Konstantinopel.

Konstantinopel ketika itu merupakan ibukota dari Kekaisaran Byzantium. Setelah penaklukkan itu, ibukota Kerajaan Ottoman  berpindah ke konstantinopel dann diubah namanya menjadi Islam bul atau disebut juga Istanbul. Sejak itulah kerajaan ini menjadi yang terbesar di seluruh dunia.

4Zaman Keemasan Ottoman di Bawah Raja Suleiman

independent.co.uk

Setiap kerajaan, pastilah memiliki masa keemasan. Dan masa keemasan Kerajaan Ottoman berada saat pemerintahannya di bawah pemerintahan Raja Suleiman. Beliau memerintah dari tahun 1520 Masehi hingga 1566 Masehi. Saat itu, wilayah Ottoman meluas hingga Eropa Timur.

5Toleransi Agama

sportivetours.com

Agama menduduki peran sentral dalam Kekaisaran Ottoman. Islam menjadi agama kerajaan Ottoman. Walau demikian, mereka tidak pernah memaksa setiap orang di wilayah yang ditaklukkannya untuk berpindah agama menjadi Muslim.

Bahkan orang-orang yang beragama Kristen maupun agama lainnya tetap diberikan kesempatan beribadah dan dijaga jiwa serta harta mereka dari tangan orang-orang jahat.

6Ekonomi Kerajaan Ottoman

wikipedia.org

Kekuatan Kerajaan Ottoman tidak hanya menonjol pada kekuatan militer dan politik saja. Kerajaan ini pun maju dalam sektor perdagangan sebagai pusat dari perekonomian. Letak Istanbul yang berada di persimpangan antara Eropa, Afrika dan Asia menjadikan kota ini sangatlah strategis.