Kita semua pasti sudah tau apa itu hujan? Dan sudah dipastikan juga kalau kamu pernah mandi air hujan alias kehujanan. Hujan merupakan rahmat dari Sang Pencipta serta sebagai bukti akan Kebesaran dan rasa kasih sayang-Nya pada makhluk-makhluk Nya.

Hujan berdasarkan tinjauan secara ilmiah

Hujan adalah peristiwa turunnya butiran air dari langit ke permukaan bumi. Hujan juga merupakan siklus air di bumi.

Proses terjadinya hujan

Pada awalnya sinar matahari yang sampai ke bumi menyebabkan terjadinya evaporasi atau penguapan di samudra, lautan, danau, sungai serta sumber-sumber air lainnya.

Uap air yang sudah naik pada ketinggian tertentu akan mengalami yang namanya kondensasi. Apa itu kondensasi? Kondensasi adalah perubahan bentuk uap air yang diakibatkan oleh suhu sekitar uap air yang lebih rendah dibandingkan titik embun uap air.

Uap air yang mengalami kondensasi akan membentuk awan. Kemudian angin (Terjadi karena perbedaan tekanan udara) akan membawa butir-butir air.

Kemudian butir-butir air tersebut akan bergabung jadi satu dengan yang lainnya (Proses ini disebut dengan Koalensi) dan semakin membesar yang diakibatkan karena turbulensi udara. Kemudian butir-butir air akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi.

Saat butir-butir air tersebut jatuh ke permukaan bumi, ia akan melewati beberapa lapisan bumi yang suhunya lebih hangat, sehingga sebagian butir air akan menguap kembali dan sebagian lagi turun ke bumi yang kita sebut dengan hujan.

Source gambar: kaskus

1. Foto 1

2. Foto 2

3. Foto 3

4. Foto 4

5. Foto 5

6. Foto 6

7. Foto 7

 

 

SHARE