Siapa yang tidak kenal bagaimana kondisi kota-kota besar di Indonesia. Bising, panas, berdebu dan penuh hiruk pikuk. Itulah gambaran yang sudah melekat di kepala.

Semegah dan semenjulang apapun bangunan-bangunan di perkotaan, itu tidak serta merta menjadikan kota-kota besar tersebut menjadi semakin indah.

Hal ini disebabkan,  satu keindahan tidak mampu bersaing dengan banyak keburukan-keburukan suasana yang kita rasakan di sekitarnya.

Tapi, tidak adakah sisi-sisi indah dari kota-kota itu? Jawabannya, ada.

Ketika pemukiman kumuh di sekitar gedung-gedung megah itu ditutupi gelap malam, ketika debu tak tampak dalam remang cahaya, dan ketika jalanan sekejap menjadi perhiasan yang berkilauan dengan sorot-sorot lampunya.

Malam menjadikan wajah kota-kota besar menjadi sangat ramah, dan yang menakjubkannya kota-kota itu seketika menjadi indah dengan pendar cahaya.

1Jakarta

aisyahjayawisata.com

Jika kamu pernah ke bundaran HI saat siang hari, pasti tidak akan menyangka bahwa tempat ini akan berubah menjadi lebih bersahabat dan lebih menyenangkan.

Air pancuran yang pada kenyataannya keruh pun menjadi bersinar dan berkilau dengan terpaan cahaya.

Jika melihat fenomena ini di malam hari, mungkin sebagian kita melupakan kemacetan yang baru saja berlalu, dan melupakan banyak debu yang kita hirup dari jalanan kota Jakarta.

2Bandung

airfotonetwork.wordpress.com

Bandung pada malam hari serupa batu-batu berkilauan yang bertebaran. Berbeda sekali rupanya dengan Bandung pada siang hari.

Bandung pada siang hari tidak lepas dari penjaja makanan baik di pinggir jalan maupun di restoran-restoran ternama.

Selain itu Bandung pun termasuk kota yang tidak luput dari kemacetan, apalagi ketika weekend. Hemm, macetnya nggak kebayang deh, ke sini salah, ke sana pun salah. Tapi, saat malam hari, indah.

3Medan

mediapijar.com

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal dengan tabiat penduduknya yang keras. Dengan tabiat serta hiruk pikuk kotanya di siang hari, pasti sudah terbayang betapa ramainya kota Medan di siang hari.

Namun, lihatlah betapa tenangnya gambaran kota Medan di malam hari.

4Surabaya

pulsk.com

Wow, jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura ini begitu memukau di malam hari.

Cahaya-cahaya lampu pada tiang-tiang jembatan seolah-olah dipantulkan kembali oleh air di bawahnya, sehingga menjadikan jembatan dan sekitarnya menjadi tempat penuh cahaya yang begitu menawan.

5Batam

skyscrapercity.com

Inilah wajah kota Batam di malam hari. Tenang, seperti tidak ada sisa kerja keras para penduduknya di siang hari.

Malam seolah membius penduduknya untuk segera beristirahat, agar pagi harinya, Batam semarak lagi dengan berbagai macam aktivitas di dalamnya.

6Makassar

tabloidmetro.wordpress.com

Posisi kota Makassar yang terletak di pesisir pantai membuat daya tarik sendiri, khususnya di malam hari.

Cahaya-cahaya yang berasal dari bangunan-bangunan sekitarnya, menjadi sangat menarik ketika memantul di air laut. Menjadikan kota Makassar menjadi semakin indah, apalagi jika dinikmati dari kejauhan.

Wah, ternyata kegelapan tak selamanya mengerikan ya. Ketika kegelapan berpadu dengan cahaya, maka ia akan mempercantik apa yang ada di sekitarnya.

Walaupun yang ada di sekitarnya itu tetap tampak buruk jika dipandang saat siang hari, misalnya saja sampah, yang ketika malam telah datang, ia seperti sembunyi.

Tidak hanya gelap berpadu dengan cahaya saja yang memperindah, bahkan kemacetan di malam hari pun menjadi pemandangan yang indah jika di pandang melalui ketinggian.

Dalam hidup, selalu ada yang indah dan cantik dari sebuah sisi bernama keburukan. Bukankah begitu?