500px.com

Menara Saidah Angker? Ini 5 Perbuatan dan Persepsi Orang yang Bikin Menara Saidah Menjadi Angker

Posted on

Pertanyaan mendasar, mengapa film bertemakan horor begitu laris manis dengan lebih dari 100 judul film sudah diproduksi di Indonesia? Fakta di atas tidak lepas dari karakter masyarakat itu sendiri.

Masyarakat Indonesia beratus-ratus tahun sudah hidup dalam tradisi mistis dan klenik yang kuat. Bahkan kehadiran agama juga tidak dapat mengikis habis tradisi yang sudah mengakar tersebut.

Coba cari jenis makhluk halus di barat, kamu hanya akan menemukan beberapa nama saja yang dikenal masyarakat seperti Drakula dan Warewolf. Lainnya hanya rekaan novel dan film saja. Coba bandingan dengan setan made in Indonesia, dijamin paling komplet.

Mulai dari pocong, jalangkung, tuyul, kuntilanak, genderuwo, wewe gombel, dan banyak yang lainya, semuanya adalah penamaan dari masyarakat. Menunjukkan betapa kentalnya budaya klenik di Indonesia.

Maka bukan barang aneh jika gedung tinggi nan megah yakni menara Saidah, setelah kosong selama bertahun-tahun langsung dianggap angker karena dihuni banyak makhluk halus.

Dalam kepercayaan masyarakat pada umumnya, manusia dianggap bukanlah satu-satunya penghuni yang ada di bumi. Ada makhluk halus yang berbeda dimensi tapi menempati dunia yang sama.

flickriver.com
flickriver.com

Dalam keyakinan agama-agama Samawi, yakni Islam, Nasrani, dan Yahudi, ada makhluk lain lain yang diciptakan Tuhan dan dituntut untuk beriman dan beribadah seperti manusia. Itulah yang disebut dengan jin dalam bahasa Arab atau obe dalam bahasa Bibel.

Umumnya dalam agama Samawi, jin dibedakan dengan setan atau iblis. Jin ini untuk menyebut makhluknya, seperti menyebut manusia. Sedangkan setan adalah kaum jin yang ingkar kepada Tuhan dan membawa manusia kepada kejahatan.

Terakhir istilah iblis yang sering kita dengar sebenarnya adalah nama leluhur setan yang dulu pernah menggoda manusia pertama yakni nabi Adam.

Maka, makhluk-makhluk gaib yang sering menampakkan diri pada manusia, termasuk yang ada di Menara Saidah adalah jin. Mereka bisa baik bisa juga jahat, bisa beragama juga bisa tidak.

Jin dapat menghuni setiap sudut bumi, tidak terkecuali di air atau dalam barang padat. Pada umumnya, jin dengan kerajaannya lebih banyak untuk mencari tempat yang tidak dihuni manusia, seperti laut, hutan, dan gunung.

Hanya jin yang punya tujuan tertentu dan punya ikatan dengan manusia yang hidup di tengah-tengah manusia. Sangat masuk akal jika jin menghuni bangunan yang kosong lama seperti di Menara Saidah.

Isu horor yang berhembus mulai dari setan api sampai kuntil anak merah di Menara Saidah semuanya adalah jin yang bisa berwujud dalam banyak rupa. Kebanyakan wujud jin itu berasal dari fantasi manusia.

Karena dihuni jin tidak lantas disebut angker, karena jin bisa tinggal dimana saja bahkan dirumah manusia, termasuk di masjid dan di gereja. Jadi tidak pas jika menyebut rumah ibadah sebagai tempat angker bukan?

Suasana angker di Menara Saidah bukan karena ditinggali bangsa jin, sebenarnya lebih karena hasil perbuatan dan persepsi manusia yang keliru terhadap Menara Saidah.

Apa saja perbuatan dan persepsi manusia keliru dari Menara Saidah? ini sedikit ulasannya.

Dibangun di Tanah Kuburan

aurapemikiran.blogspot.com
aurapemikiran.blogspot.com

Menara Saidah memang dibangun di atas lahan bekas pemakaman. Bahkan menurut keterangan warga, di pemakaman itu masih banyak jenazah yang tidak dipindahkan. Kontan fakta tersebut makin memperdalam kesan angker Menara Saidah.

Ini persepsi berlebihan menganggap tanah bekas kuburan itu angker. Padahal kalau cari perbandingan, di Indonesia ini banyak bangunan kantor dan sekolah yang dibangun di tanah bekas kuburan namun tidak dianggap angker.

Cerita Penampakan yang Tak Jelas Asalnya

suriajayaa.blogspot.com
suriajayaa.blogspot.com

Pada Menara Saidah, banyak cerita yang penampakan yang berasal dari para karyawan yang pernah bekerja di gedung tersebut.

Bisa jadi memang benar, tapi lebih banyak cerita penampakan hanya pepesan kosong dari orang-orang yang terobsesi pada cerita horor.

Bangunan yang Dikosongkan

enthosgeosurvey.com
enthosgeosurvey.com

Bangunan yang terbengkalai itu bisa karena banyak faktor, bangunan usia tua, pemilik sudah tiada, atau karena kelalaian manusia. Nah, Menara Saidah adalah bangunan yang sebenarnya masih belum terlalu tua.

Dari penampakan luar, Saidah tampak masih kokoh, namun kabarnya ada kesalahan konstruksi di awal pembangunannya yang membuat bangunan tersebut semakin miring.

Karena itulah pada tahun 2007 perlahan-lahan bangunan mulai dikosongkan dari para penyewa. Dan benar-benar ditutup untuk umum pada tahun 2009.

Bangunan kosong ibarat seperti sinyal panggilan bagi para jin untuk ditinggali. Maka adalah kesalahan manusia yang membuat Menara Saidah terkesan seperti bangunan angker.

Film-film Horor Membodohkan Masyarakat

showbiz.liputan6.com
showbiz.liputan6.com

Dugaan adanya banyak makhluk halus yang menakutkan di Menara Saidah tidak lain karena persepsi masyarakat tentang berbagai nama makhluk halus.

Kepercayaan masyarakat semakin diperparah dengan film-film horor yang sangat tidak masuk akal dan hanya fantasi belaka.

Misalnya tentang roh manusia yang gentayangan, secara ilmiah tidak bisa dibuktikan dan dalam agama juga tidak ada yang namanya roh manusia yang bergentayangan.

Suasana angker Menara Saidah benar-benar makin menjadi setelah dibuatnya film horor berjudul Menara Saidah.

Tayangan Uji Nyali

youtube.com
youtube.com

Berbeda dengan film yang hanya karangan sutradara, tayangan uji nyali adalah tayangan video yang benar-benar rekaman nyata dari tempat angker. Menara Saidah adalah salah satu tempat yang sering dijadikan lokasi uji nyali.

Masyarakat yang dulu tidak percaya, akan dibuat percaya bahwa Menara Saidah adalah tempat yang angker. Para jin yang menempati Menara Saidah juga akan semakin menunjukkan eksistensinya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *