Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering melakuakn kegiatan yang berulang-ulang dan dengan cara yang sama, itulah yang namanya rutinitas.

Bahkan meletakkan dan melihat barang-barang di rumah dengan posisi yang sama setiap harinya juga sering kita alami.

Adalah Neurobics, istilah yang digunakan untuk menggambarkan satu set latihan mental untuk otak. Hal tersebut melibatkan semua indera manusia yakni meliputi penglihatan, suara, sentuhan, rasa dan bau.

Tahukah kamu, jika kita mencoba mengubah beberapa kebiasaan kita sehari-hari atau bisa dibilang melakukan latihan mental yang sederhana ini ternyata sangat bermanfaat yakni bisa membuat kita lebih pintar.

Mengubah Urutan Rutinitas Sehari-hari

mental rutinitas
smaitorenhitam.wordpress.com

Kita pastinya sering dan masih menjalani hari-hari dengan hal yang sama, berurutan dan terus-menerus.

Misalnya setiap pagi kamu berangkat sekolah melalui jalan A, saat mandi yang pertama kamu lakukan adalah menggosok gigi lalu mencuci muka, dan seterusnya.

Coba sekali-kali lakukan rutinitas tersebut dengan acak. Kamu bisa berangkat ke sekolah dengan jalan yang beda misal melalui jalur B, saat mandi coba ubahlah urutan kegiatan yang kamu lakukan,dan lain-lain. Simple bukan?

Sebab melakukan hal dengan cara monoton setiap harinya membuat otak tidak terlatih. Studi membuktikan bahwa mengacak urutan pekerjaan sehari-hari bisa meningkatkan ketebalan korteks dan meningkatkan aktivitas otak.

Ubah Posisi Benda yang Ada Di Sekitarmu

mental terbalik
russian.alibaba.com

Kita mungkin telah terbiasa melihat benda-benda di sekitar dengan posisi yang sama. Bagaimana jika kamu mencoba mengubah beberapa posisi benda tersebut?

Misalnya coba ubah posisi benda menjadi terbalik, taruhlah jam dengan terbalik, menaruh kalender dan foto dengan terbalik.

Agak aneh memang, mata kita melihat posisi yang berda tubuhpun ikut merasakannya, sehingga hal tersebut bisa melatih otak kita. Membuat otak kita lebih meningkat kinerjanya.

Ubah Posisi Duduk Saat Makan Bersama Keluarga

kiki widyasari berbuka bersama
atiem.blogspot.com

Saat makan bersama di rumah bersama keluraga, biasanya posisi duduk setiap harinya sama. Kamu bisa mencoba mengubahnya.

Misalnya kamu biasanya duduk di dekat ayah, cobalah kamu acak posisi duduk keluargamu. Dengan suasana yang berbeda dan tidak monoton tentu akan memberikan rangsangan tersendiri bagi otak.

Membaca dengan Cara yang Berbeda

mental reading
ultimatesammy.wordpress.com

Aktivitas membaca merupakan aktivitas yang bagus bagi otak sebab tanpa disadari kita telah mengaktifkan berbagai belahan otak kita.

Kamu tentu memiliki kebiasaan membaca dengan cara masing-masing. Sekarang cobalah untuk mengubah cara membacamu.

Misalnya kamu sering membaca dalam hati, sesekali lakukan degan bersuara atau kamu biasanya membaca untuk diri sendiri, tidak ada salahnya membacakan bacaanmu untuk berbagi  ilmu dengan orang lain.

Mencium Aroma Baru

mental wangi
kembangmangkok.blogspot.com

Ruanganmu mungkin memiliki pengharum yang sudah biasa kamu gunakan. Cobalah sesekali ganti pengharum ruangan dengan aroma yang baru yakni dengan aroma yang tidak biasanya.

Dan kamu juga bisa menaruh pengharum itu di tempat-tempat yang berbeda, agar kamu bisa merasakan perbedaannya. Hal tersebut dapat membantu otak untuk membangun jalur saraf yang baru.

Itulah beberapa latihan mental sederhana yang merupakan cara mengubah kebiasaan kita sehari-hari untuk melatih otak agar lebih pintar. Simple dan mudah bukan? Silahkan mencoba dan rasakan khasiatnya.