Setelah berkendara menggunakan mobil pada saat musim hujan seperti ini maka kamu akan membutuhkan perawatan ekstra agar kondisi mobilmu tetapi terawat dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan rutin untuk mencucinya.

Hal yang paling mudah adalah dengan membawa mobil kesayanganmu ke bengkel cuci mobil. Mungkin saja itu adalah suatu solusi yang baik. Tapi dengan cuaca yang seperti ini akan sedikit membutuhkan banyak biaya hanya untuk mencuci mobil saja.

Kamu mungkin berinisiatif untuk mencuci mobil kesayanganmu sendiri bukan? Tapi perlu kamu ketahui bahwa mencuci mobil bukan hanya sekedar menyiram dan menyabuni saja. Ada beberapa langkah dalam mencuci sebuah mobil.

Pertama adalah mencuci bagian luar mobil. Sebelumnya, pastikan kamu menutup semua jendela dan pintu mobil dengan rapat. Hal ini bertujuan agar air tidak masuk dan membasahi bagian jok mobilmu.

Semprotkan air dengan menggunakan selang keseluruh bagian mobil tanpa terkecuali untuk membersihkan debu dan kotoran. Bila kamu tidak menyemprotkan air terlebih dahulu maka debu yang menempel akan mengores mobilmu saat kamu menggosok menggunakan spons dan sabun.

Setelah itu gosok seluruh bagian luar mobil menggunakan spons yang telah kamu celupkan kedalam sir sabun. Jangan lupa untuk memilih sabun khusus untuk mobil agar cat mobil tetap awet.

Bilas menggunakan air bersih hingga tidak ada sabun yang tertinggal karena akan mengakibatkan kerusakan pada cat mobilmu. Setelah itu lap seluruh bagian mobil menggunakan kanebo atau lap lainnya yang tidak berbulu.

Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang menempel pada lap karena akan membuat cat menjadi rusak.

Selanjutnya kamu dapat membersihkan mobil bagian dalam menngunakan mesin vacum khusus untuk mobil. Keluarkan seluruh penompang kaki lalu cuci dan keringkan.

Bersihkan sisi dalam mobil dari sisa makanan atau kotoran lainnya agar terlihat bersih. Jangan lupa untuk membuka seluruh pintu mobil agar sirkulasi udara didalam mobil bagus saat kamu sedang membersihkannya.

Karena jika sirkulasi udara didalam mobil buruk maka akan berpotensi untuk mengakibatkan terjadinya gangguan pernafasan.