Salah satu hal yang kita lakukan dalam menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan. Aktivitas ini merupakan kebiasaan yang bertujuan untuk membesrsihkakn kotoran yang melekat pada kulit tangan.

Banyak aktivitas yang membuat tangan kotor antara lain bermain, setelah membuang sampah, setelah dari kamar kecil, maupaun sesudah makan.

Maka dari itu setelah selesai melakukan aktivias hendaknya mencuci tangan apalagi sebelum makan, kita harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Namun, masih banyak yang mencuci tangan dengan seperlunya atau asal-asalan bahkan tanpa menggunakan sabun.

Dalam mencuci tangan perhatikan juga air yang digunakan. Air yang digunakan untuk mencuci tangan adalah air yang bersih dan mengalir serta gunakan sabun.

Air yang mengalir akan membuat kotoran-kotoran yang ada di tangan menjadi luruh. Mencuci tangan yang benar dapat membuat kita terhindar dari beberapa penyakit.

Tahukah kamu bahwa sebagian besar kuman penyebab infeksi berasal dari tangan. Nah, sebaiknya cuci tangan dengan baik dan benar.

WHO sebagai badan kesehatan dunia telah merekomendasikan tentang langkah mencuci tangan yang baik benar.

Langkah pertama, basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan air yang mengalir. Lalu ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

Langkah kedua, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Tidak hanya telapak tangan saja, punggungg tangan juga dibersihkan agar kuman-kuman yang menempel di sana hilang.

Langkah ketiga, gosok dan bersihkan sela-sela jari hingga bersih. Jangan sampai luput, sela-sela jari juga harus bersih karena kuman banyak yang bersarang di sana dan kadang lalai untuk kita basuh ketika buru-buru saat cuci tangan.

Langkah keempat, bersihkan ujung jari secacara bergantian dengan mengatupkannya.

Langkah kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

Langkah keenam, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Cara ini dapat kamu lakukan dengan cara seolah mengambil sejumput garam di atas telapak tangan.

Langkah ketujuh, bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk.

Betapa pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar agar kebersihan senantiasa terjaga dan mencegah bakteri berpindah ke tubuh.