Anak merupakan amanah yang besar dari ALLAH, tentu mendidik dan membesarkan dengan cara yang baik adalah kewajiban bagi semua orang tua.

Anak nakal dan susah diatur itu bukan karena salah sanaknya, tapi orang tua menjadi faktor utama.  Untuk itu pola pendidikan kepada anak memang perlu diperhatikan betul.

Seorang tokoh terkenal, yang merupakan sahabat Rasulullah, yaitu Ali Bin Abi Thalib memberikan tip dalam mendidik anak, mau tahu bagaimana tips tokoh hebat ini dalam mendidik anak? Yuuk disimak

1Anak Sebagai Raja Usia 0-7 Tahun

aliexpress.com

Salah satu kunci mendidiak anak di bawah umur adalah melayaninya sampai umur 7 tahun. Jika kita melayani dengan sepenuh hati dan tulus maka kan berdampak sangat baik kepada anak.

Misalnya ketika anak memanggil kita, maka sebaiknya kita langsung menjawab dan segera menghampirinya, maka anak pun pasti akan melakukan hal yang sama

Saat tidur kita sering memijat anak, maka anak pun juga akan memperlakukan sama ketika saat kita capek atau sakit.

Anak di umur ini akan memberikan imbal balik pada kita, ketika kita mencintainya, melayaninya bagaikan seorang raja, maka si anak juga akan mencintai kita bagaikan seorang ratu.

2Anak Sebagai Tawanan Usia 8-14

ummi-online.com

Pada usia ini anak menjadi tawanan kita, tawanan bukan berarti harus di penjara lho, bukan begitu. Islam begitu indah, cara memperlakukan tawanan pun juga mulia.

Pada usia ini anak di beri hak dan kewajiban tertentu, seperti hukum-hukum agama, anak diwajibkan melakukan sholat 5 waktu, menutup aurat, dan lain sebagainya. Lebih bagus lagi jika diwajibkan membantuu orang tua sesuai kemampuannya.

Pada usia ini juga berlakukan hadiah dan hukuman, dimana anak pada usia ini sudah mulai mengerti tanggung jawab, dan konsekuensi

3Anak Sebagai Sahabat Usia 15-21

lifestyle.okezone.com

Pada usia ini anak sudah mulai akil baligh, ia sudah mulai tumbuh sebagai remaja, jika anak sudah remaja, maka kita sebagai orang tua sebaiknya memposisikan diri sebagai sahabat dan memberi teladan yang baik.

Mulailah berbicara dari hati ke hati, jelaskan bahwa ia sudah mulai tumbuh besar, sudah mengalami perubahan fisik. Mental, spiritual, sosial, budaya dan lingkungan juga berubah, sehingga masalah pasti akan datang.

Berilah ruang lebih kepada anak agar merasa tidak terus di kekang, namun tetap dalam pengawasan. Dengan seperti ini anak akan mempunyai rasa percaya diri, ia merasa dicintai, di hormati dan tentu merasa lebih penting.

Percayakan tanggung jawab yang lebih berat dari biasanya, misal meminta membimbing adik-adiknya mengerjakan beberapa pekerjaan biasa atau mengatur jadwal kegiatan dan mengelola keuangannya sendiri.

4Bekali Anak Dengan 3 Hal

deviantart.com

Bekali anak pada usia ini dengan keahlian hidup, Rasulullah sendiri mengajarkan agar anak diajari berkuda, berenang dan memanah.

Jika di telaah 3 keahlian ini di kaitkan dengan jaman sekarang maka berkuda adalah berkendara, artinya diajarkan untuk mampu berkendara baik darat, laut atau udara.

Hal ini juga bisa diartikan memberikan skill, keterampilan atau keahlian sebagai bekal anak untuk hidup mandiri

Berenang dapat disamakan dengan ketahanan dan kemampuan fisik yang kuat, memang sangat diperlukan muslim itu kuat, tidak loyo dan sakit-sakitan.

Berenang juga bisa diartikan bertahan dalam hidup, karena hidup selalu datang masalah, terus semangat tanpa menyerah, jika menyerah berarti tenggelam dan mati

lifelongserenade.wordpress.com
lifelongserenade.wordpress.com

Sedangkan memanah bisa diartikan sebagai melatih konsentrasi dan fokus pada tujuan. Memanah mengajarkan kepada anak untuk membangun kemandiian berpikir, merencanakan masa depan dan menentukan target hidupnya, sehingga hidupnya benar-benar terarah.