Banyak dari orang tua mengeluhkan anak kepada gurunya. Dari sekian banyak keluhan yang disampaikan oleh orang tua tersebut salah satunya yaitu perihal anaknya yang enggan belajar di rumah. Mungkin tidak hanya enggan, bahkan banyak anak yang benci dengan namanya belajar.

Kenapa anak-anak sampai benci belajar ya? Nah, pertanyaan inilah yang jarang sekali dipertanyakan oleh para orang tua. Kebanyakan orang tua hanya senang mengeluhkan dan menyalahkan anaknya yang benci belajar serta mengecap anaknyaa sebagai anak yang bodoh dan pemalas. Tanpa pernah bertanya, kenapa anaknya benci belajar.

Padahal, jika para orang tua itu tau kalau benci dengan belajar itu ada solusinya, maka seharusnya mereka mencari tau kenapa anaknya benci belajar dan mencari tau bagaimana caranya supaya hal tersebut bisa tertangani. Sebenarnya, apa sih yang membuat anak benci belajar?

Back

1. Anak Tidak Tertarik dengan Materi dan Cara Belajar

 

Seringkali, yang membuat anak benci dengan belajar, adalah karena mereka tidak tertarik dengan materi dan cara belajarnya. Oleh karena itu, kita harus tanya kepada anak saat ia susah diajak belajar. Dan sebagai orang tua, kita pun harus introspeksi dengan cara belajar yang selama ini kita lakukan, bisa jadi cara belajarnya tidak sesuai dengan anak, sehingga pelajarannya jadi tidak menyenangkan.

abiummi.com
Back