Makanan yang tinggi lemak memiliki derajat keasaman (pH) yang tinggi. Inilah yang memicu kenaikan produksi asam lambung.

Asam lambung sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan. Fungsi asam lambung adalah untuk membunuh bakteri yang terbawa masuk oleh makanan.

Dalam keadaan normal, produksi asam lambung akan naik setiap 4 jam. Oleh karena itu, sangat disarankan agar makan setiap 4 jam agar produksi asam lambung tidak terlalu tinggi.

Namun apabila asam lambungmu sudah mulai meningkat dan menimbulkan rasa sakit, maka cobalah 10 tips berikut ini untuk membantu mengurangi produksi asam lambung.

1Jahe

apotekmaxs.com

Jahe memang baik untuk mengatasi asam lambung yang tinggi, namun harus dilakukan dengan takaran yang benar karena jika berlebih maka justru membuat sakit nyeri asam lambung tambah parah.

Jadi jangan konsumsi jahe lebih dari 2 sampai 4 gram dalam sehari. Cara paling mudah untuk menggunakan jahe adalah dengan memakainya sebagai bumbu masakan pada makanan yang beresiko meningkatkan asam lambung.

2Permen Karet

trendingcenter.com

Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet selama 30 menit dapat mengurangi keluhan asam lambung. Mengapa?

Karena mengunyah permen karet dapat membuat produksi air liur meningkat. Selanjutnya, asam yang terakumulasi di perut bisa tercuci dan bersih dengan cepat. Saat asam tersebut hilang, maka gejala asam lambung akan berkurang.

3Lidah Buaya

annunaki.me

Anti-inflamasi yang ada di dalam lidah buaya sangat efektif sebagai cara mengatasi asam lambung kambuh, lidah buaya ini berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Caranya adalah dengan mengonsumsi setengah gelas lidah buaya sebelum makan. Sayangnya, meminum jus lidah buaya dapat meningkatkan frekuensi BAB.

4Kunyit

1000macammanfaat.com

Tidak hanya berguna di dapur, rempah kunyit pun bisa dimanfaatkan menjadi obat yang tepat untuk meringankan asam lambung tinggi.

Cara mengobati asam lambung dengan kunyit sangatlah mudah. Cukup membuat ramuan obat dari campuran kunyit dan air, agar rasanya tidak terlalu pekat, tambahkan madu murni secukupnya.

Bila mengkonsumsi ramuan obat dari kunyit dinilai terlalu berat, bisa mengkonsumsi makanan yang dibuat dari rempah kunyit sebagai cara alternatifnya.

5Mentimun

kutono.blogspot.com

Mentimun menjadi salah satu obat herbal asam lambung dengan cara mengkonsumsi yang sangat mudah.

Caranya yaitu dengan mengiris mentimun berukuran memanjang sekitar 1 cm. kemudian makan sebanyak 2 potong mentimun setiap 2 jam untuk mengurangi produksi asam lambung secara berlebihan. Konsumsi secara teratur.

Cara penyajian mentimun bisa dikreasikan sebagai salad atau lalapan. Cara memotong mentimun juga tidak ada aturan baku. Hanya saja, cara di atas dapat membantu memudahkan kita untuk memakannya.

6Meniran

jamuborobudur.com

Senyawa kimia yang terdapat dalam kandungan meniran adalah zat filantin, kalium, dan resin yang berguna untuk mengatasi asam lambung berlebih.

Cara membuat ramuannya yaitu siapkan meniran sebanyak sau genggam. Cuci dan rebus dengan 3 gelas air bersih atau air matang.

Rebus sampai volume air hanya tersisa setengahnya saja. Setelah dingin, saring dan minumlah dengan madu secukupnya sebagai penambah rasa manis.

Sebaiknya lakukan rutin sebanyak 3 kali sehari agar asam lambung tak lagi kambuh.

7Hindari Makanan Pedas

sekilas-info.tk

Selain menyebabkan mulas dan tak baik untuk lambung. Makanan pedas juga bisa menyebabkan asam lambung semakin meningkat. Makan makanan pedas ketika asam lambung naik bisa menambah rasa terbakar pada bagian lambung.

8Hindari Makanan Asam

nonikhairani.com

Tentu saja, ketika asam lambung meningkat, sebaiknya kamu tak mengonsumsi makanan yang asam. Hindari buah-buah atau minuman yang asam seperti jeruk, jeruk nipis, atau lainnya. Untuk minuman, lebih baik konsumsi air putih.

Ketika kamu banyak meminum air putih, maka ia bisa meredakan asam lambung.

9Makan Teratur

wartakesehatan.com

Salah satu penyebab munculnya asam lambung yaitu disebabkan oleh waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat, atau hanya makan sehari 1-2 kali (tidak rutin).

Orang yang sering terlambat makan dapat terkena penyakit maag dan harus mengkonsumsi obat tradisional asam lambung naik supaya dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut. Terlambat makan adalah penyebab utama tingginya kadar asam di lambung.

Selain itu, pola makan yang tidak teratur dan stress juga dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

10Kunyah Makanan Sampai Lembut

dw.com

Semua makanan yang kita makan harus bersentuhan dengan asam lambung agar dapat diproses dengan baik sebelum nutrisinya bisa diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah.

Nah, maka semua makanan yang kita makan haruslah dikunyah sampai halus. Ketika makanan yang tidak dikunyah sampai lembut masuk ke lambung, asam lambung akan diproduksi berlebih untuk menghancurkan makanan tersebut.

Inilah yang menyebabkan seseorang yang tidak punya riwayat sakit maag/gastritis tapi sering bermasalah dengan asam lambung.

Nah, ketika makanan dikunyah sampai lumat, maka lambung tidak perlu memproduksi banyak asam untuk menghancurkannya.

Sebetulnya, asam lambung juga berfungsi untuk menstabilkan glukosa dan juga merangsang produksi enzim pencernaan. Maka, kelola asam lambungmu sebaik mungkin agar tidak berbalik menjadi penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh.

SHARE