Grogi saat akan melakukan presentasi di depan kelas maupun depan klien adalah hal yang biasa. Karena dirimu pasti ingin memberikan penampilan terbaik dan sempurna di depan teman-teman sekelas maupun rekan bisnis.

Tapi, grogi yang menimpa dirimu itu kalau dibiarkan saja malah akan membuatmu tidak maksimal dalam melakukan kegiatan. Bisa-bisa, pikiran buruk yang menghantui dirimu akan menggagalkan presentasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Alhasil, kamu pun akan merasa kecewa dengan penampilanmu yang kurang oke. Tapi, tenang saja guys, kamu akan diberikan beberapa tips untuk mengatasi grogi nih. Baca dengan seksama dan coba terapkan satu persatu tips berikut ini di hidupmu.

1Melakukan Persiapan

www.morganmckinley.com.au

Persiapkan dengan baik sebelum kalian melakukan presentasi. Pelajari materi presentasi agar kamu menguasainya dengan baik. Jika kamu sudah menguasai semua yang akan kamu sampaikan di depan audience, maka rasa grogi itu hanya akan bertahan sebentar.

Karena, saat kamu menguasai materi presentasi, maka yang ada di otakmu adalah materi-materi tersebut dan semua akan terkendali dengan baik. Kamu pun tak akan kehilangan materi saat tiba-tiba dirimu menjadi gugup di tengah jalan.

2Berdo’a

salmanitb.com

Berdo’a merupakan hal utama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan suatu kegiatan. Karena dengan berdo’a, perasaanmu akan menjadi lebih tenang dan pikiran lebih bisa terkendali.

Kamu akan mensugesti dirimu untuk memiliki pikiran yang positif dan baik tentang presentasi yang akan kamu sampaikan. Berdo’a dan ikhtiar adalah jalan terbaik untuk membuat dirimu tetap bertahan sampai akhir presentasi.

Maka, jangan sampai lupa untuk menghaturkan do’a kepada Sang Maha Pemberi Ilmu ya guys.

3Mengatur Pernafasan

www.cangcut.net

Saat kamu mengalami grogi kapan pun waktunya, aturlah pernafasanmu dengan baik. Biarkan tubuhmu menjadi rileks dan mulai tarik nafas dalam-dalam dari hidung, lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut.

Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang saat melakukan presentasi. Jika di tengah presentasi kamu pun tiba-tiba mengalami grogi, jangan ragu untuk kembali mengatur pernafasanmu.

4Berpikir Positif

personalityatikanofianti.wordpress.com

Janganlah memikirkan hal-hal buruk saat akan melakukan presentasi. Pikiran buruk hanya akan mengacaukan semua materi yang sudah kamu siapkan. Lebih baik arahkan pikiranmu untuk menjadi lebih positif guys.

Dengan berpikiran positif, otak akan memiliki respon yang bisa membuatmu lebih tenang dan menghasilkan penampilan yang baik. Kamu pun tak akan terganggu lagi dengan pemikiran yang akan menggagalkan semua persiapan yang telah dilakukan.

5Mendengarkan Musik

franciscanhospital.org

Beberapa orang sukses saat melakukan cara ini untuk mengatasi grogi sebelum presentasi. Mendengarkan lagu memang bersifat menenangkan. Dengarkanlah musik-musik kesukaanmu.

Tapi, jangan dengarkan musik mellow ya guys. Bisa-bisa suasana hatimu nanti bukannya membaik dan menghilangkan grogi, malah menjadi sedih dan semakin galau memikirkan keberhasilan presentasimu.

Luangkanlah waktu sejenak sebelum melakukan presentasi, duduk dan dengarkan musik kesukaanmu melalui earphone atau headphone agar lebih tenang.

6Berbagi Cerita dengan Orang Lain

www.ahumanlovestory.com

Tidak ada salahnya untuk berbagi masalah yang kamu pikirkan sebelum melakukan presentasi. Siapa tahu kamu memiliki beban dan hal yang tidak dimengerti mengenai materi yang akan kamu presentasikan.

Membagikan masalah bisa membuatmu lebih tenang dan menjadikanmu merasa lebih lega. Barangkali semua masalahmu akan terselesaikan saat kamu berbagi dengan mereka.

Meski setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menghilangkan grogi, siapa tahu cara di atas akan menjadi langkah baru yang lebih ampuh untuk kamu gunakan. Selamat mencoba guys.