Kamu pernah merasa kesepian? Rasanya tidak ada teman yang bisa kamu ajak diskusi. Semuanya sudah sibuk dengan aktivitas masing-masing, padahal saat itu kamu sedang berada di tempat ramai. Lho, kok bisa?

Jangan anggap sepele perasaan kesepian ini ya. Rasa kesepian bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Chicago, Amerika Serikat ternyata efek psikologis dari perasaan kesepian lebih buruk dari efek akibat obesitas lho.

Tim peneliti tersebut mengungkap fakta hasil riset bahwa perasaan kesepian bisa membuat daya tahan tubuh menurun, tekanan darah meningkat dan bisa menyebabkan serangan jantung. Wah, parah sekali ya?

Jika kesendirian (sendiri) adalah benar-benar tidak ada orang lain di samping kita, maka kesepian adalah merasa sunyi meski di tengah keramaian. Makna kesendirian bukan berarti kesepian.

Setidaknya, kamu bisa mencoba empat metode untuk mengetahui apa alasannya kamu bisa merasa kesepian. Cobalah pahami perasaanmu sendiri kenapa kamu merasakan kesepian.

Lalu catat perasaan dan pikiranmu di buku harian atau blog, misalnya. Kemudian cobalah meluangkan waktu untuk melakukan refleksi diri. Jika masih merasa kesepian dan perasaan itu sangat mengganggumu, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Sambil kamu berkonsultasi pada psikolog, cobalah mentreatment dirimu sendiri dengan 7 hal ini.

1Berjalan

woldswalkingfestival.co.uk

Berjalan kaki akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain menyehatkan tubuh, dengan berjalan kaki kamu bisa lebih menyegarkan pikiran. Pilihlah lokasi alam yang jauh dari polusi untuk mendukung upayamu.

Dengan berjalan kaki, kamu juga bisa mengenal daerah-daerah yang sebelumya mungkin belum pernah kamu singgahi.

2Bergabung dengan Klub

careerealism.com

Komunitas memang bisa membantumu memulihkan perasaan sepi. Kamu bisa memulainya dengan hobi. Bergabung ke klub atau komunitas yang mendukung hobimu.

Selain membuat hati bahagia, kamu juga akan lebih bisa bersikap terbuka karena kamu bertemu teman-teman baru yang memiliki kesamaan minat dan bakat.

3Mengobrol

westrichlandchamber.org

Melalui komunitas tadi, kamu bisa memulai percakapan dengan teman-teman baru seputar hobi kalian yang sama. Kesamaan passion bisa menjadi jembatan untuk membangun relasi sehingga kamu bisa mengisi waktu dengan menjalankan hobimu bersama teman-teman.

Kamu juga bisa memulai mengobrol dengan masyarakat sekitar. Cobalah buka mata dan hatimu untuk melihat lingkungan sekitar.

4Pergi ke Kedai Kopi

tequila3.com

Kamu bisa bersantai di kedai kopi untuk menyegarkan pikiran, bertemu orang baru, atau mengajak teman komunitasmu untuk berbincang ringan di sana.

Oh ya, sambil minum kopi, bisa sedikit menyegarkan pikiranmu asalkan jangn terlalu sering mengonsumsinya. Cukup satu dua kali saja.

5Bermain Bersama Hewan Peliharaan

quickenloans.com

Ternyata, mengurus hewan bisa mengurangi tekanan darah lho. Menurut penelitian, mengurus hewan peliharaan juga bisa mengurangi kecemasan dan mencegah depresi.

Karena bermain dengan hewan, otomatis membuat hati senang. Hewan peliharaan seperti kucing, misalnya. Merawat kucing akan membuat pikiranmu tidak terfokus pada diri sendiri yang biasanya membuatmu malas bergerak.

6Menata Hati

openskywilderness.com

Ketika kamu merasa sepi, coba cari apa ada sesuatu yang terasa hilang dari hatimu? Refleksi diri pada titik ini menjadi sangat penting agar kamu bisa menemukan titik masalah dalam hatimu yang tidak terdeteksi.

Jika kamu butuh teman bicara, maka carilah yang terpercaya dan mau mendengar dengan sabar. Biasaya wanita butuh tempat curhat, meski tidak dapat solusi. Wanita hanya butuh didengar.

7Konsultasi dengan Ahli

corecomputer.co.in

Konsultasi dengan ahli ini merupakan cara terakhir apabila kamu masih kesulitan mentreatment diri sendiri, sedangkan perasaan kesepian itu sudah sangat mengganggu.

Carilah ahli psikologi yang bagus track recordnya. Kosultasikan semua keluhanmu dan dari dirimu sendiri pun harus punya tekad yang kuat untuk mengubah diri.

SHARE