Lagi, Indonesia patut berbangga hati karena memiliki putra-putra bangsa yang mengharumkan namanya.

Adalah Rhenald Kasali, Guru besar Ilmu Manajemem Universitas Indonesia. Beliau merupakan sosok yang dikenal sebagai reformatif pembawa arus perubahan.

Siapa yang tak kenal dengan tokoh tersebut? Tokoh inspirator yang telah banyak memberikan karya bagi bangsa Indonesia.

Pria yang lahir di Jakarta 13 Agustus 1960 ini merupakan seorang akademisi dan praktisi bisnis asal Indonesia. Beliau juga termasuk salah satu ahli bedah bisnis yang sangat mumpuni terutama dalam bidang iklan dan pemasaran.

Tidak ada salahnya kita mengenal lebih dekat tokoh yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Guru Manajemen Dunia ini.

1Tumbuh dalam Keluarga Miskin

makhluklemah.files.wordpress.com

Rhenald Kasali tumbuh dalam keluarga yang miskin. Putra dari pasangan Samuel Kasali dan Sonya Andrea ini pernah merasakan makan nasi berlauk garam bahkan pernah juga tidak makan.

Pada saat itu ayahnya terkena PHK dari pelayaran dan ibunya juga tidak bekerja, maka dari itu Rhenald Kasali hidup dalam kemiskinan.

Rhenald juga pernah hanya memiliki satu stel seragam yang setiap hari dicuci ibunya, seragam itu kemudian dikeringkan di dekat lampu, memprihatinkan.

2Pernah Tidak Naik Kelas

ekhaseptiana.blogspot.com

Ketika Rhenald sekolah dasar, ia pernah tidak naik kelas. Itu terjadi saat beliau menginjak kelas 5 SD. Kala itu penyebab ia tidak naik kelas karena mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Rhenald tidak menjawab soal lawan kata dengan benar. Menurutnya jika ditanya lawan kata ‘kenyang’ ia tiak menjawab ‘lapar’ melainkan ‘belum kenyang’dan semacamnya.

Siswa yang tidak naik kelas saat itu dicap sebagai siswa yang bodoh,hal itu membuatnya merasa terpukul.

Tapi berkat dorongan dan semangat dari kedua orang tuanya Rhenald tidak larut dalam kesedihan dan ia semakin giat belajar.

3Menempuh Pendidikan Tinggi adalah Impiannya

www.youthmanual.com

Meskipun demikian Rhenald memiliki tekad dam impian selepas SMA ingin melanjutkan kuliah. Memiliki 10 ribu. Ya, uang itu digunakan untuk mendaftar kuliah.

Dengan berbagai pertimbangan jurusan yang dipilih Rhenald saat itu adalah jalur IPS dan diambilnya Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia dan Sekolah Tinggi Administrasi Negara.

Akhirnya diterimalah beliau di Universitas Indonesia. Untuk membantu biaya pendidikannya ia sambil kerja sebagai guru les privat SD yang mengajar Matematika.

Sejak tahun 1984 Rhenald bekerja sebagai sebagi reporter dan pada tahun 1985 ia lulus dari kuliah. Lika-liku kehidupannya ia jalani dan hadapi dengan penuh semangat dan kerja keras.

sportsmockery.com

Hingga pada akhirnya beliau bisa melanjutkan studi S2 dan S3 di Illinois. Menurut Rhenald, pendidikan adalah tangga untuk keluar dari kemiskinan. Tanpa pendidikan kita tidak bisa memperbaiki hidup kita.

4Buku-buku Inspiratif

www.burhanabe.com

Sosok inspiratif peraih gelar PhD dari University of Illinois at Urbana Champaign, AS ini telah menulis banyak karyanya dalam buku.

Seperti Change (2005), Record Your Change DNA (2007, Cracking Zone (2011), dan Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger (2014), dan masih banyak lagi buku-buku tulisannya.

Semua itu memberikan pemahaman bagaimana seharusnya kita melakukan perubahan.

5Yayasan Rumah Perubahan

krudekrucil.files.wordpress.com

Tidak hanya itu saja, selain menjadi pengajar dan konsultan, pada tahun 2007 beliau  membangun Yayasan Rumah Perubahan.

Yayasan ini bergerak dalam bidang pendidikan, kesejahteraan sosial, dan lingkungan hidup. Tentu Yayasan Rumah Perubahan Ini bertujuan untuk menjadikan Indonesia lebih baik melalui misi perubahan.

cikalyangberarti.blogspot.com

Salah satu contoh kegiatan dari yayasan asuhan Rhenald ini adalah pengolahan sampah rumah tangga yag kemudian diubah mejadi energi bio-massa. Luar biasa bukan?

6Dinobatkan sebagai Guru Manajemen Dunia

www.meetup.com

Selain memiliki segudang prestasi dan kontribusi bagi bangsa Indonesia, baru-baru ini Rhenald kembali membuat harum nama Indonesia.

Beliau dinobatkan sebagagi salah satu pakar manajemen dunia yakni masuk dalam daftar Top 30 Global Gurus in Management 2016 versi The Global Gurus.

Penilaian yang dilakukan menggukan 7 parameter, yaitu opini publik 30 persen, keaslian ide 30 persen, dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki 10 persen, keguanaan ide 10 persen, jumlah publikasi dan karya ilmiah 5 persen,serta style and guru factor 15 persen.

Betapa membanggakan, berdasarkan riset nama Rhenald disejajarkan dengan para ‘dewa’manajemen kelas dunia seperti Joseph Stiglitz, John P Khotter, Clayton Christenses, Philip Kotler, dan Roger Martin.

Tahukah kamu bahwa dari ketiga puluh pesohor tersebut, Rhenald adalah satu-satunya orang Indonesia yang mendapat penghargaan ini. Sungguh luar biasa!

1080.plus

Selain sibuk menulis, mengajar, dan menjadi narasumber, beliau juga merupakan seorang wirausaha juga sebagai Host Wirausaha Muda Mnadiri di Metro TV.

Itulah beberapa hal tentang sosok Rhenald Kasali, semangatnya sangat luar biasa dalam mengencarkan perubahan Indonesia menjadi lebih baik. Salut!