widerimage.reuters.com

Mengenang 70 Tahun Peristiwa Bom Atom di Kota Hiroshima, Jepang

Posted on

Bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 sekitar pukul 8.15 telah meluluhlantakkan Kota Hiroshima menjadi puing-puing yang berserakan. Kota yang awalnya tertata rapi menjadi hancur berantakan.

Genbaku Dome

widerimage.reuters.com
widerimage.reuters.com

Hiroshima adalah kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto, Jepang. Sekarang kota ini terkenal sebagai kota perdamaian di dunia. Terdapat Monumen Perdamaian Hiroshima atau juga dikenal dengan Genbaku Dome.

Genbaku Dome merupakan bangunan monumen yang terletak di pusat Kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang. Monumen ini berupa sebagian gedung yang tersisa akibat ledakan bom atom dan termasuk dalam situs warisan dunia yang diakui UNESCO sejak tahun 1996.

Bagunan ini merupakan perpaduan arsitektur Barok dengan detail ornamen bergaya seni Art Nouveau dari Wina. Perancangnya bernama Jan Letzel dari Negara Republik Ceko. Dibangun dengan 3 lantai dengan sebagian terdiri dari 5 lantai ditambah lantai bawah tanah.

Awalnya bangunan ini difungsikan sebagai Gedung Pameran Produk Industri Prefektur Hiroshima. Selesai dibangun pada tanggal 5 April 1915 dan diresmikan pada tanggal 5 Agusuts 1915.

Kemudian sekitar tahun 1944, gedung yang namanya telah diubah hingga 3 kali sebelum Perang Dunia ke-2 ini dialih fungsikan menjadi gedung Kantor Pekerjaan Umum wilayah Chugoku dan Shikoku di bawah Kementerian Dalam Negeri.

Peristiwa Saat Bom Atom Meledak di Genbaku Dome

yubanet.com
yubanet.com

Bom atom yang telah menghancurkan kota Hiroshima hingga luluh lantak diberi nama ‘Litle Boy’. Pada peristiwa ini, hanya satu orang serdadu saja yang mengetahui bahwa di pesawat B-29 itu membawa bom atom berdaya hulu ledak sangat tinggi dan mematikan.

Little Boy meledak di atas ketinggian 580 meter. Tepat di atas Rumah Sakit Shima-byon sekarang. Lokasinya tepat 200 meter di sebelah tenggara Monumen Perdamaian Hiroshima.

Pada saat itu ada sekitar 30 orang pegawai dan orang-orang yang berada di dalam gedung. Semua tewas seketika. Satu-satunya pegawai yang selamat adalah seorang penjaga malam yang pulang ke rumahnya dengan bersepeda sekitar 15 menit sebelum kejadian.

Bayangan Manusia di Jembatan Aioi

widerimage.reuters.com
widerimage.reuters.com

Situs ini juga berada di sisi Jembatan Aioi yang membentuk huruf ‘T’. Sebelah selatannya terdapat Sungai Motoyasu. Di Jembatan Aioi tepat setelah peristiwa pengeboman bom atom terdapat bayangan separuh tubuh manusia yang membekas. Sebagian ahli menyatakan bahwa bayangan itu adalah tubuh manusia yang lenyap menjadi debu akibat terbakar panasnya ledakan bom.

Trem Hiroden

widerimage.reuters.com
widerimage.reuters.com

Stasiun trem dalam kota yang dioperasikan oleh Hiroden kembali dibangun setelah luluh lantak. Alat transportasi ini dapat mencapai seluruh penjuru kota. Infrastruktur trem ini termasuk yang selamat dari peristiwa bom atom.

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima didirikan untuk mengenang serta mengingatkan umat manusia pentingnya menjaga perdamaian. Setiap tahun pada tanggal 6 Agustus 1945 diselenggarakan upacara mengheningkan cipta dengan menghadirkan anak-anak sekolah yang berada di Prefektur Hiroshima untuk mengiringi kelompok paduan suara menggunakan musik tiup.

Monumen Sasaki Sasado

kidnesia.com
kidnesia.com

Terdapat beberapa monumen yang dibangun di taman tersebut. Antara lain seperti Monumen Anak Korban Bom Atom.

Monumen ini untuk mengenang Sasaki Sadako yang meninggal akibat leukimia akibat radiasi bom atom. Pada monumen itu terdapat koleksi lipatan burung yang berjenjang dan bertambah tiap harinya.

Sebelum kematiannya, Sasaki Sadako percaya akan sembuh jika bisa membuat lipatan kertas berbentuk burung sejumlah seribu buah lipatan. Hingga saat ini, anak-anak dari seluruh dunia datang membawa lipatan burung kertas ke Hiroshima untuk dipamerkan di dekat monumen ini.

Setelah selesai dipamerkan, ribuan lipatan burung kertas ini akan didaur ulang menjadi penunjuk halaman buku, buku catatan, dan souvenir lainnya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *