Saat kamu bercermin dan melihat wajahmu di sana, ada rasa kagum dan syukur melihat wajah cantik atau tampan itu.

Setiap hari kita membersihakn wajah, mengoleskan pelembab, membarikan nutrisi dan mearawatnya dengan rutin.

Wajah yang selama ini kita rawat ternyata bisa menjadi tempat yang nyaman bagi spesies yang sangat kecil.

Memang terdapat berbagai jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini, mulai dari yang sangat kecil yang tak terlihat secara kasat mata hingga yang sangat besar.

Tahukah kamu bahwa terdapat hewan yang hidup di wajah kita lho. Kog bisa? Ya, memang hewan-hewan ini sangat kecilia termasuk hewan mikroba.

Adalah tungau, hewan yang memiliki kemampuan hidup di bagian tubuh manusia. Hewan ini merupakan salah satu hewan avertebrata yang mempunyai banyak jenis.

Ia juga mampu hidup dan beradaptasi diberbagai keadaan. Karena ukurannya yang sangat kecil sehingga tak dapat dilihat secara kasat mata.

Bahkan dikatakan oleh seorang peneliti bahwa diduga tungau yang hidup di folikel rambut ini bisa menari di ujung jarum dengan jumlah mencapai satu lusin.

Kecil sekali bukan? Maka dari itu keberadaanya pun tidak disadari manusia.

Hewan ini dapar berkembang biak dengan sangat cepat. Wow, mengerikan, apalagi mereka hidup di wajah manusia.

Sebenarnya tungau biasanya hidup di kasur atau bantal. Akan tetapi sebuah fakta mengunggkapkan bahwa tungau yang biasa hidup di kulit wajah manusia mencapai sekitar 65 spesies.

Di bagian mana saja mereka hidup? Berikut beberpa bagian dari wajah kita yang disukai tungau untuk berkembang biak.

1Kulit

www.efektips.com

Tungau memiliki makanan kesukaan yang unik, yakni serpihan kulit mati. Maka tidak heran jika mereka sangat suka hidup di kulit manusia.

So, agar mereka tidak betah hidup di kulit kita, sebaiknya kita rajin-rajin membersihkan diri agar kulit mati bisa terangkat salah satunya dengan rajin-rajin memakai lulur.

2Alis

moeslema.com

Mengerikan! Tahu kah kamu bahwa separuh dari manusia yang hidup didunia ini memiliki tungau di dahi.

Terutama dahi para orang dewasa. Mengapa demikian? Ya, karena di area dahi orang dewasa banyak mengandung minyak apalagi pada bagian alis.

Perlu diketahui bahwa tungau sangat suka hidup di pori-pori karena di sana bnayak mengandung minyak.

Nah, alis sendiri memiliki pori-pori yang cukup besar dengan minyak yang berlebih juga maka dari itu tungau sangat suka hidup di bagian alis.

3Bulu Mata

news.sukamart.com

Hati-hatibagi kamu yang kurang memperhatikan kesehatang bulu mata. Pada bagian bulu manusia merupakan tempat yang hangat dan lembab.

Maka dari itu tungau gemar berada di lokasi ini, karena hewan yang satu ini sangat suka berada di tempat yang lembab dan hangat.

Mereka dapat berkembang biak dengan cepat di tempat yang seperti itu.

4Bagian Wajah Dekat Hidung

www.kulit.xyz

Apakah kamu pernah merasa gatal pada bagian wajah tertentu? Mungkin saja rasa gatal itu bisa jadi disebabkan oleh tungau.

Tungau memang suka hidup di pori-pori yang mengandung banyak minyak. Jika hal ini tidak diperhatikan maka dapat menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi.

5Kulit Kepala

rambutmodel.com

Padahal kamu telah mencuci rambutmu, kamu pun merasa tidak ada kotoran ataupun kutu di kepala.

Nah, tiba-tiba kulit kepalamu terasa gatal. Bisa jadi ini merupakan iritasi akibat aktivitas tungau yang bersarang di kulit kepala.

Mengerikan juga ya? Ternyata ada makhluk hidup kecil yang bersarang di wajah manusia. Maka dari itu kita dianjurkan untuk senatiasa menjaga kebersihan.

Tidak hanya wajah dan tubuh saja, melainkan juga segala hal yang kita pakai, seperti menjaga kebersihan tempat tidur, bantal maupun kasur.