tips-tutorial.com

9 Jalan Menghilangkan Bau Badan dengan Praktis Tanpa Mengganggu Rutinitas Harian Kamu

Posted on

Dalam segala kondisi dan agenda resmi, terciumnya bau tidak sedap yang berasal dari bau badan tentu membuat suasana awkward. Dan sangat tidak nyaman, bahkan terkesan jorok dan memalukan.

Nah, kamu mungkin pernah mencoba menghilangkan bau badan dengan beberapa cara alami yang terkadang merepotkan atau bahkan tidak manjur. Sebenarnya tidak ada rahasia khusus kok.

Berbagai cara menghilangkan bau badan berikut ini adalah cara yang mainstream, namun sebenarnya cukup efektif untuk menangkal bau badan yang mengganggu.

Mandi Besar

watersoftenerevaluations.com
watersoftenerevaluations.com

Kamu harus mandi dengan bersih. Minimal dua kali sehari, namun jika kamu selesai mengerjakan hal berat yang menghasilkan banyak keringat, kamu juga harus mandi lagi agar badanmu tetap bersih dan bakteri tidak berkembang biak.

Bersihkan seluruh bagian tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Jangan lupa untuk mencukur rambut di bagian ketiak dan bagian lipatan tubuh lainnya yang berpotensi menimbulkan bau badan.

Sabun Khusus Antibakteri

livestrong.com
livestrong.com

Jangan asal hanya menggunakan sabun mandi yang wangi. Gunakan sabun mandi yang secara nyata memiliki senyawa anti bakteri. Hal ini penting untuk mencegah mudahnya bau badan timbul.

Saat ini telah banyak beredar sabun komersial yang menawarkan efek anti bakteri. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan aroma dan bentuk sabun (cair atau padat) yang cocok dengan kenyamanan kegiatan mandi kamu.

Handuk Bersih

shophampton.com
shophampton.com

Tentu saja kamu harus mengunakan handuk yang bersih. Jangan menggunakan handuk yang telah beberapa kali pakai. Kamu harus punya beberapa handuk agar tetap dapat menggunakan handuk bersih saat handuk lain sedang dicuci.

Pakaian Bersih

hopehouseaugusta.org
hopehouseaugusta.org

Nah, ini yang tidak kalah penting, gunakan pakaian yang telah kamu cuci dengan benar-benar bersih. Rutinlah mengganti pakaian jika memang dirasa sudah terlalu basah oleh keringat meskipun tidak kotor.

Deodoran Antiperspirant

alshaarih.net
alshaarih.net

Sekarang telah tersedia banyak deodoran berbagai varian. Pilih yang sesuai dengan kulit kamu agar tetap dapat mencegah timbulnya bau badan tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Parfum Wangi

hercampus.com
hercampus.com

Jangan lupa untuk senantiasa menggunakan parfum dengan aroma yang elegan dan soft. Artinya tidak terlalu menyengat sehingga dapat mengganggu orang di sekeliling kamu.

Setidaknya bau parfum dapat meminimalisir bau badan yang mulai muncul saat kamu melakukan kegiatan fisik yang mengeluarkan banyak keringat. Kamu jadi lebih percaya diri bukan?

Hindari Makanan Bau

images8.alphacoders.com
images8.alphacoders.com

Nah, beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau badan tidak sedap di antaranya rempah-rempah seperti bawang dan bumbu kare. Selain itu daging merah dapat menimbulkan bau badan yang tidak enak.

Lebih dari itu, hindari juga berbagai makanan cepat saji atau fast food, alkohol, kafein, dan tembakau (rokok). Beberapa makanan tersebut sangat berperan besar pada bau badan kamu yang tidak sedap.

Jaga Berat Badan Ideal

livestrong.com
livestrong.com

Jangan kaget, berat badan yang berlebih juga merupakan salah satu penyebab bau badan tidak sedap. Tentu saja hal ini karena produksi keringat berlebih pada orang dengan berat badan yang tidak ideal.

Rutin Berolahraga

clairesambolino.com
clairesambolino.com

Mulailah berolahraga  dengan rutin, penjelasannya sangat sederhana. Meskipun banyak keringat yang keluar saat melakukan kegiatan olah raga, namun kuman dan bakteri pada pori-pori kulit juga ikut keluar.

Ini berarti semakin banyak bakteri yang kamu hilangkan dari kulit kamu saat kamu mandi setelah olah raga. Tidak perlu terlalu lama jika kamu tidak punya waktu yang cukup untuk olah raga. Cukup 30 menit dalam sehari minimal selama 1 minggu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *