Apakah kamu usai menangis berjam-jam? Atau tenagh terkena flu? Hal itu dapat membuat mata kita tampak semabab atau bengkak.

Bisa juga ketika tengah disibukkan oleh pekerjaan kantor yang membuat kita harus begadang malam, hal itu juga membuat mata terlihat bengkak.

Akan sangat tidak enak dipandang jika mata dalam kondisi yang seperti itu. Nah untuk menghilangkan mata sembab tersebut terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni mengompres mata denan es batu. Alangkah baiknya jika kamu terlebih dahulu mencuci wajah dengan air dingin.

Atau kamu dapat melakukan cara lain yakni dengan sendok. Pakailah sendok yang sudah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas.

Setelah sendok dingin, kompreskan sendok ke sekeiling mata.

Tidak hanya itu, kamu dapat mencoba menggunakan kantong teh celup. Ambilah 2 kantong teh celup dan celupkan ke dalam air panas selama 1 hingga 2 menit.

Kemudian angkat dan tiriskan, tunggu hingga kantong tersebut hangat. Setelah itu kompreskan kantong teh tadi ke kelopak mata selama 5 hingga 10 menit.

Kandugan kefein yang ada dalam teh dapat menekan sembab pada mata secara alami.

Ada juga bahan alami yang dapat mengatasi mata sembab. Ia adalah mentimun. Kandungan astringen dalam mentimun mampu membantu dalam memberikan kesegaran pada mata.

Irislah mentimun secara tipis-tipis, dinginkan irisan-irisan tadi lalu ambilah 2 irisan. Kamu dapat mengkompreskan dua irisan tadi di kedua kelopak mata selama kurang lebih 10 menit.

Tidak hanya mentimun, bahan alami lainnya adalah kentang. Selama beberapa ratus tahun, banyak orang Eropa meyakini bahwa kentang dapat mengatasi  sakit kepala maupun berbagai jenis iritasi.

Ternyata tidak hanya itu saja, kentang juga mampu mengatasi mata sembab. Kupaslah kentang, kemudian bersihkan.

Setelah itu parut kentang tersebut hingga halus. Bungkuslah parutan kentang tadi dengan selembar kain kemudian kompreskan pada mata.

Agar lebih optimal, sebaiknya minumlah air putih yang banyak. Hal ini akan membantu pengempisan mata yang menyebabkan terlihat sembab.

Ketika mata mu terlihat lebih sembab dari biasanya, perbanyaklah minum air putih setiap hari. Tidak hanya menghilangkan mata sehat, cara tersebut juga menyehatkan tubuh.