Apa yang kamu cari dari liburanmu? Pastinya mencari suasana yang lebih menyenangkan di luar rumahmu.

Tapi karena kondisi kita yang sudah terbiasa di rumah, terkadang kita jadi rindu akan suasana rumah diwaktu liburan. Akhirnya liburanmu jadi tidak menyenangkan dan hanya berfikir secepatnya kembali kerumah.

Itulah kondisi homesick yang menghantui hari-hari liburan kita. Untuk menghindari homesick dalam liburan, kamu harus menyiapkan dan merencanakan liburan dengan sebaik-baiknya.

Berikut beberapa cara agar kamu terhindar dari homesick saat liburan.

1Pilih Tempat Liburan dengan Benar

surgeart.com

Kamu tentunya harus memilih tempat liburan dengan benar. Carilah tempat yang benar-benar ingin kamu kunjungi dan pasti akan menyenangkanmu.

Jika kamu sedang meng-eksplore tempat liburan yang baru, kamu harus benar-benar mengetahui seluk beluk tempat itu melalui review para traveller.

Setelahnya kamu juga harus menentukan jadwal destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi tiap harinya. Dengan perencanaan itu, kamu akan makin termotivasi dan antusias dengan liburanmu.

Menghindari homesick juga dengan menyiapkan kondisi fisik kamu. Karena kondisi terlalu lelah dan sakit jelas akan membuatmu merindukan rumah.

2Perhitungkan Budget untuk Liburanmu

cobaltnitra.com

Mungkin ini salah satu paling penting dalam persiapan liburan. Jangan sampai kita salah anggarkan dana sehingga kita tidak bisa mengunjungi tempat favorit atau membeli barang incaran yang sudah direncanakan.

Saat semua sudah direncanakan namun ada yang gagal, saat itulah kamu akan kecewa dan memicu homesick.

Perhitungkan semua pengeluaran, berapa yang harus kamu pakai untuk konsumsi, transportasi, akomodasi dan untuk membeli souvenir. Jangan lupa juga sisihkan untuk pengeluaran yang tak terduga.

Tentu mencoba hal baru dan membeli pernak-pernik dapat membantu kamu melupakan homesick.

3Mengajak Teman Dekat

zakyamirullah.wordpress.com

Cara ini mungkin paling ampuh untuk mengatasi homesick. Siapa sih yang gak suka seru-seruan bareng temen? Pasti liburanmu akan lebih menyenangkan bersama teman dekatmu.

Saat kamu lagi sedih atau boring akan ada teman yang menghiburmu. Dan teman kamu pastinya sudah tahu apa kebiasaan dan kesenangan kamu waktu liburan.

4Mencari Teman Baru

majalahembun.com

Seandainya pun tak ada teman yang bisa kita ajak liburan bareng, kamu bisa lakuin yang satu ini. Sebenarnya susah-susah gampang sih mencari teman baru saat liburan. Ini tentunya tergantung pada sifat dan karakter kamu.

Kalaupun ada kenalan yang bisa kita ajak ngobrol bareng, makan bareng sampai ketempat wisata bareng, biasanya akan terkendala pada karakter masing-masing yang belum nyambung.

Namun kalau sudah nyambung, wah jangan tanya lagi, pasti kamu akan ngerasa lebih seru daripada jalan dengan teman dekat kamu.

Sebabnya teman baru berarti ada hal-hal menyenangkan yang baru. Membuat banyak pengalaman dan kejutan baru dalam liburanmu.

5Tempat Penginapan yang Layak

onlysp.com

Siapa yang tidak homesick jika kita menginap di tempat yang lebih buruk dari rumah kita. Maka pastikan tempat menginapmu akan membuatmu nyaman dan refresh.

Kondisi paling penting adalah tempat tidur kita, karena liburan membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar jalan-jalan lebih maksimal.

Namun berbeda jika kamu memang mencari sesuatu yang baru atau suasana yang eksotis. Gubuk biasa pun akan menentramkan kalau kamu memang sengaja mencari hal lain, semisal spiritualitas, humanitas dan lain-lain.

6Berkunjung ke Tempat Kuliner Favorit

kompasiana.com

Selain penginapan, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah soal makanan. Kuliner juga merupakan salah satu alasan mengapa kita berkunjung ke satu tempat liburan.

Bahkan belum disebut travelling kalau kita belum mencicipi makanan khas daerah. Mencicipi makanan baru yang sesuai seleramu juga akan mencegah keadaan homesick.

Namun terkadang makanan baru juga menjadi hambatan ketika tidak ada yang sesuai dengan lidah kita. Apalagi jika kamu muslim, makanan halal menjadi kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi.

Maka dari itu jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat liburan, menu makanan di tempat liburan harus menjadi pertimbangan kamu.