Semua orang tua pasti mengharapkan pendidikan yang terbaik buat anak-anaknya. Namun banyak orang tua di Indonesia kebingungan untuk mencari sekolah yang bagus untuk anaknya. Sekalipun mereka menemukannya, maka biaya masuk dan uang SPP-nya pun selangit.

Jika sekolah bagus hanya bisa dijangku untuk mereka-mereka yang memiliki uang, lalu bagaimana dengan jutaan anak Indonesia lainnya yang berada di bawah garis kemiskinan? Bukankah mereka pun berhak mendapatkan pendidikan yang bagus?

Andaikan saja semua sekolah di negeri ini punya kualitas yang baik. Entah itu kualitas sarana dan prasarananya serta kompetensi guru-gurunya dalam mengajar. Jika semua mau berubah, mungkin saja semua bisa jadi kenyataan.

Walaupun perubahan itu terasa tidak mungkin, tapi bolehlah kita berharap. Berharap bahwa sekolah masa depan di negeri kita serupa dengan kualitas sekolah-sekolah di Finlandia. Sekolah dengan kualitas baik dan berorientasi pada kebutuhan anak dalam belajar.

Back

1. Kegiatan Belajar Mengajar Berlangsung dengan Suasana Santai

Otak kita dapat menyerap pelajaran dengan baik, jika saat belajar kita lakukan dengan santai. Jika suasana belajar tegang dan kaku. Biasanya kita tidak betah berlama-lama saat belajar, dan setelah pelajaran berakhir, apa yang disampaikan oleh guru pun bubar jalan tanpa jejak.

Nah, karena hal inilah, maka di Finlandia kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan santai. Anak-anak boleh berdiskusi saat belajar dan anak-anak boleh memilih tempat duduk sesuka mereka.

xelahwd.blogspot.com
Back