Mengubah dunia merupakan pekerjaan yang tidak biasa, pekerjaan yang berat dan banyak sekali rintangan yang dihadapi. Pekerjaan yang tidak dapat di bayangkan dengan cepat, tidak bisa di perkirakan dengan mudah.

Mengubah dunia perlu waktu yang tidak sedikit, pekerjaan itu juga membutuhkan semua elemen untuk bekerja sama. Banyak sekali para pemimpin negara yang ingin melakukannya. Mereka kadang punya ide bagus, tapi bingung bagaimana caranya.

Mereka juga mempunyai bayangan yang terencana dengan baik tapi bingung dari mana memulainya.

Untuk kamu yang ingin atau berencana berkontribusi terhadap dunia ini atau ingin merubah dunia dengan rencanamu sendiri, kamu bisa baca tips kecil di bawah ini.

Siapa tahu bisa menginspirasi kamu dan juga memberi semangat kamu. Check it out!

1Membuat Planning

123rf.com

Membuat rencana atau planing merupakan modal awal untuk memulai setiap pekerjaan. Planing harus dibuat agar semua pekerjaan kamu menjadi tertata, terencana dan tersusun dengan baik dan detail.

Membuat planing tentu harus lengkap, tentukan tema atau tujuan yang pasti, waktu, biaya dan resikonya. Jangan sampai tidak membuat, karena tanpa planing semua pekerjaan akan amburadul tidak karuan.

2Mulai dari Dirimu Sendiri

under30ceo.com

Mulai dari siapa lagi kalau bukan dari dirimu sendiri? Mulai dari niat siapa lagi kalau bukan dari niat kita sendiri. Hanya orang-orang tertentu saja yang mempunyai keinginan seperti ini, bahkan sangat sedikit sekali.

Rata-rata manusia hanya mnuntut perubahan, tapi kalau diajak untuk melakukan perubahan mereka enggan. Maka dari itu, kamu yang sudah punya niat baik harus kamu jaga betul niat itu, kamu harus mengawali dari dirimu sendiri.

Jangan berharap banyak orang lain mau bergabung. Tapi bukan berarti kamu tidak menerima bantuan, kamu harus ingat juga semua pekerjaan di dunia butuh orang lain, tidak bisa dikerjakan sendirian, orang lain juga akan diperlukan.

3Mulai dari yang Terkecil

merdeka.com

Mulailah semua itu dari yang terkecil dari semua rencanamu. Mulai dari apa yang bisa dilakukan, ,mulai dari mana bisa di kerjakan dan mulai saat apa itu bisa di mulai. Kamu harus ingat melakukan sesuatu dari yang terkecil suatu saat pasti akan menjadi besar.

Tidak sesuatu di dunia ini yang di mulai dari kecil, semua harus melewati dari kecil, dari nol. Ingat betul bahwa, langkah beribu kilo dimulai dari satu langkah kecil.

4Mulai dari Sekarang

makeitsweetandneat.com

Kamu harus mulai dari sekarang juga, karena kalau pekerjaan tidak segera di mulai, sekecil apapun pekerjaan itu jika tidak dikerjakan dari sekarang maka akan menjadi malas di kerjakan.

Kerjaan juga akan menumpuk, pekerjaan yang kamu rencanakan juga tidak akan terlaksana dengan baik.

5Fokus dan Jangan Takut Gagal

vantros.co.id

Ketika kamu sudah memulai pekerjaanmu, maka yang perlu sekali kamu lakukan adalah fokus. Jangan biarkan konsentrasimu terpecah, fokus menjadi bagian yang harus jadi perhatian utama.

Selain itu jangan pernah takut akan kegagalan, banyak sekali peribahasa tentang kegagalan.
Dan yang paling harus kita ingat adalah sang penemu listrik, Thomas Alfa Edison, dia harus mengalami ratusan percobaan gagal lho.

So, jangan pernah takut, lagipula akan selalu ada jalan disat ada kemauan, selalu ada solusi di setiap masalah.

6Tidak Ada Kata Menyerah

wallpapermotivasi.com

Kamu harus pastikan tidak ada kata menyerah dalam perjuanganmu, kalau perlu tulis yang besar di rumah, di kamar atau di ruang kerjamu dengan tulisan “ Karna Hidup Bukan Untuk Menyerah”, atau dengan tulisan yang lain yang bikin kamu semangat.

Banyak nya ujian, tantangan dan cobaan akan membuat kata menyerah itu selalu berada di depan mata kita, Kata itu pasti akan selalu terngiang di telinga kita.

Tapi pastikan kita selalu menerobos kata-kata itu. Kita harus yakin bahwa menyerah bukan solusi, bukan tujuan dan juga bukan harapan.

Apalagi perjuanganmu sudah mencapai setengah akan sangat rugi sekali jika kamu menyerah dan akan terasa penyesalan yang amat dalam ketika kamu menyerah.

7Do Your Best

santabanta.com

Setiap pekerjaan akan maksimal hasilnya ketika kamu melakukan sepenuh hati, dilakukan dengan senang, dengan cinta dan dengan mengerahkan semua potensi yang ada.

So, give your best, lakukan yang terbaik untuk kesuksesanmu.

Semoga yang sedikit ini menginspirasi kamu.

 

SHARE