Banyak sekali fenomena alam yang terjadi di dunia ini. Ada yang terjadi secara periodik, ada juga yang jarang terjadi. Salah satu fenomena alam unik yang jarang terjadi adalah gerhana matahari.

Bahkan saat peristiwa ini terjadi hanya ada daerah-daerah tertentu saja di dunia yang dapat menikmatinya. Nah pada tanggal 9 Maret 2016 di beberapa wilayah Indonesia dapat melihat gerhana matahari total.

Adapun wilayah tersebut meliputi 12 propinsi yaitu Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan semua propinsi di Kalimantan kecuali Kalimantan Utara.

Bagi kamu yang tinggal di wilayah diatas, jangan lewatkan momen angka yang hanya berlangsung selama 1,5 hingga 3 menit ini. Rasakan sensasi siang hari yang gelap beberapa saat namun berangsur-angsur terang kembali.

Bunda dapat mengajak si kecil melihat gerhana matahari sekaligus mengajarinya materi pelajaran IPA.

Namun, matahari memiliki sinar ultraviolet yang bisa berbahaya terhadap kesehatan mata, sehingga untuk menikmati gerhana bulan perlu kehati-hatian. Berikut ini beberapa cara aman menikmati gerhana bulan bersama si kecil.

1Jangan Melihat Matahari Langsung

blog.platechno.com

Meskipun matahari berada sangat jauh dari bumi yaitu sekitar 150 juta kilometer dan saat gerhana matahari terjadi sinarnya tidak terlalu kuat, namun tetap saja menatap matahari langsung sangat berbahaya.

Sinar ultraviolet ini berisiko membakar sel-sel sensitif pada mata dan dapat menyebabkan kebutaan.

Meskipun kamu memakai kaca mata hitam sekalipun, tetap jangan memandang matahari secara langsung. Meskipun kaca mata hitam membuat pemandangan lebih gelap, namun tetap saja tidak bisa membendung radiasi sinar ultraviolet.

2Jangan Menggunakan Binocular, Teleskop, dan Kamera.

www.jurnalpos.com

Binocular dan teleskop memang membuat kita lebih mudah mengamati gerhana matahari. Namun, binocular dan teleskop mengumpulkan sinar matahari pada satu titik. Hal ini tentu saja sangat membahayakan kesehatan mata.

Selain itu menggunakan kamera yang dilengkapi welder glass juga membahayakan terhadap kesehatan mata.

3Jangan Memandang Pantulan Cahaya Matahari dari Cermin

www.cikgulilysuhany.blogspot.com

Mungkin ada yang menganggap bahwa sinar matahari yang dipantulkan melalui cermin, kaset CD mengkilap, atau genangan air tidak lagi berbahaya. Namun, anggapan ini belum tentu benar.

Meskipun intensitas sinar ultraviolet berkurang, namun cara ini tak dapat menguranginya secara signifikan sampai tahap yang aman untuk dilihat oleh mata.

4Tahan Keinginan Berselfie

www.seputarjabar.com

Begitu juga dengan berfoto selfie. Akan lebih baik jika menghindarinya. Saat kamu dan buah hati asyik ber-selfie akan berisiko secara tidak sengaja memandang sinar matahari secara langsung.

Sudah bukan rahasia bahwa orang yang sedang ber-selfie suka lupa diri.

5Cara Aman Melihat Gerhana Matahari

www.blj.co.id

Bagaimana jika kamu dan buah hati ingin melihat gerhana matahari secara langsung dengan aman?

Salah satu caranya adalah dengan mengunakan kaca mata gerhana matahari. Kaca mata terbuat dari kaca Mylar dan ada tanda CE. Belilah di toko online dengan harga kurang lebih Rp 35.000

Cara aman yang kedua adalah dengan menggunakan kamera lubang jarum. Kamera lubang jarum adalah kamera primitif namun aman digunakan untuk mengabadikan momen gerhana matahari.

www.ibniabrar.blogspot.com
www.ibniabrar.blogspot.com

Kamera ini di buat menggunakan kotak pensil bekas. Lubangi bagian tutup kotak pensil dengan diameter 0,5 cm. Kemudian bagian dalam kotak pensil di cat dengan warna hitam agar terkondisi gelap gulita dan tidak memantulkan cahaya.

Selanjutnya ambil alumunium foil dengan ukuran 5 x 5 cm. Tempelkan alumunium foil pada lubang tutup kotak pensil dengan direkatkan menggunakan lakban hitam. Plester berfungsi sebagai jendela untuk memotret.

Berikan lubang pada alumunium foil dengan jarum. Masukan kertas negatif film dari percetakan film dalam kondisi gelap. Begitu juga cara mengeluarkannya harus dengan kondisi gelap.

Cara memotretnya dengan membuka lakban dari kamera dan membiarkan cahaya masuk. Jangan terlalu lama saat membuka dan jangan terlalu sebentar karena akan mempengaruhi hasil gambar.

SHARE