Banyak orang berpikir kalau liburan itu harus pergi ke suatu tempat. Padahal, belum tentu hal itu mengasyikkan. Bisa jadi perjalanan yang kamu tempuh membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi berbagai hambatan yang bisa kamu temui di tengah perjalanan.

Setibanya di tempat tujuan, rupanya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Tentu hal ini akan membuatmu kecewa dan lburanmu menjadi berantakan. Padahal, mengisi waktu liburan di rumah bersama keluarga, anak-anak khususnya, bisa kita kreasikan sehingga begitu menyenangkan.

Nah, kira-kira apa saja ya agenda liburan yang bisa lakukan di rumah? Yuk simak ulasan berikut ini.

1Membersihkan Kamar

www.babysitting.academy

Kegiatan ini mungkin terdengar biasa saja. Padahal yang dimaksud di sini bukan sekedar membersihkan kamar dari berbagai kotoran dan merapikannya saja lho. Selain melakukan hal itu, kamu juga bisa mendesain ulang kamarmu.

Bersama dengan pasangan dan anak-anakmu, kamu bisa merubah tata letak isi kamar atau pun menambah dan mengurangi perabot di dalam kamar.

Tidak hanya itu saja, tambahkan suasana baru dengan mengecat dinding kamarmu. Dan kegiatan ini juga berlaku untuk kamar yang lainnya.

2Membaca Buku

blog.babyoye.com

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca buku, kegiatan ini juga bisa kamu lakukan bersama anak-anakmu lho. Caranya dengan membacakan konten buku di hadapan anak-anakmu.

Bila perlu, setelah selesai membaca buku, lakukan kegiatan simulasi atau reka adegan sebagaimana yang diceritakan dalam isi buku. Tentu hal ini akan membuat anak-anak juga akan mencintai kegiatan membaca buku. Menarik bukan?

3Memasak Bersama

www.newsworks.org

Kalau biasanya yang menyiapkan makanan selama ini adalah istri atau asisten rumah tangga di rumahmu. Saat liburan, kamu bisa mengagendakan untuk memasak bersama anak-anakmu, baik bersama-sama atau bergiliran.

Jadikan anggota keluarga lainnya yang tidak ikut memasak sebagai pengkritik makanan sekaligus pelanggan a la restoran-restoran berbintang.  Selain bermanfaat untuk menjalin ikatan batin antar anggota keluarga, hal ini bisa menjadi kesempatan istrimu untuk rehat sejenak dari kesibukan.

4Berkebun dan Bercocok Tanam

bloominthyme.com

Kegiatan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki halaman rumah. Apalagi untuk berkebun dan bercocok tanam saat ini tidak harus membutuhkan lahan yang cukup luas dan halaman beralaskan tanah.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas di rumahmu sebagai pot tanaman.

Belilah beberapa bibit sayuran dan ajari anak-anakmu menanam dan merawat bibit tersebut. Jadikan ini menjadi kegiatan rutin mereka sebagai salah satu alternatif pembelajaran tentang tanggung jawab anak di rumah.

Setelah panen, kamu bisa menikmati hasilnya bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here