Anak merupakan hadiah yang indah, anugerah hebat yang tiada duanya. Anak juga merupakan sumber kebahagiaan yang tidak ada habisnya. Hal inilah alasan kenapa anak sangat penting dalam kehidupan.

Seorang ibu rela sakit-sakitan dan bertaruh nyawa untuk mendapatkan buah hati, tentu ini perjuangan yang tidak mudah.

Memiliki anak, apalagi jenis kelamin perempuan tentu membuat kita juga bahagia. Tidak sabar rasanya mendandaninya menjadi bayi imut-imut lengkap dengan aksesoris kewanitaan.

Salah satu yang biasanya diberikan ketika anak kita kecil atau masih bayi adalah anting atau giwang. Secara, ciri khas perempuan memang telinganya berlubang untuk di isi anting.

Nah dibawah ini ada tips bagi kita, sebagai orang tua, yang ingin memberi anting pada anak kita yang masih kecil. Jangan sampai terjadi kesalahan yang berakibat buruk pada kesehatan bayi kita.

Mau tahu apa aja tipsnya? Yuuk disimak guys.

1Umur Terbaik

ayobelajarmembaca.com

Umur terbaik untuk menindik atau melubangi telinga anak kita yaitu pada waktu minimal umur enam bulan. Karena pada sat itu sistem kekebalan anak sudah mulai tumbuh dan berkembang.

Jika dilakukan pada waktu sebelum itu tentu, akan beda efeknya bagi kesehatan anak.

2Pastikan Suntikan Vaksin

health.kompas.com

Sebelum mulai menindik, kita harus pastikan bahwa anak kita sudah diberi suntikan vaksin yang sesuai dengan kadar anak kita. Karena bisa saja lubang menimbulkan luka yang berujung infeksi.

Sebelum terjadi lebih baik kita mencegah, jadi suntikan vaksin pastikan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3Dilakukan Oleh Ahlinya

blokbojonegoro.com

Dalam hal membuat lubang pada telinga tentu ini bukan pekerjaan mudah, secara itu adalah daging yang di buat lubang permanen seumur hidup, jadi tidak asal-asalan dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Pastikan dalam membuat lubang telinga tersebut adalah dokter yang sudah jelas berpengalaman, dokter ahli yang menjaga kebersihan atau dokter yang sudah jelas track recordnya.

4Pastikan Kebersihannya

health.kompas.com

Pastikan dokter yang mendidik telinga anak kita, tangannya sudah bersih dan higienis. Jangan sampai tidak, karena urusannya dengan bagian tubuh manusia.

Biasanya dokter yang sudah berpengalaman sudah tidak di ragukan lagi higienisnya, tapi tidak ada salahnya kita tetap memastikan kebersihan tersebut.

5Pastikan Rasa Sakitnya Hilang

alamiterja.ga

Sebelum di mulai di tindik, kita bisa konsultasi sama dokter untuk memastikan bahwa rasa sakit itu nanti tidak terasa saat di tindik. Kita bisa konsultasi tentang bius, obat,es atau lainnya yang bisa mematikan rasa sakitnya.

6Pilih Anting

tokopedia.com

Dalam memilih anting, yang harus kita perhatikan adalah anting yang tidak goyang dan tidak berat. Karena kalau goyang akan membuat gesekan, itu bisa menimbulkan rasa sakit pada telinga anak.

Pilih anting yang sesuai ukuran, sederhana tapi tetep cantik mempesona.

7Rajin Bersihkan Telinganya

untukibu.id

Infeksi bisa terjadi karena penindikan, oleh karena itu kita harus rajin-rajin membersihkan telinga anak. Bisa dengan kapas cotton bud yang di celupkan di baby oil.

8Perlakuan Anting

female.kompas.com

Hindari pergantian anting secara cepat, pergantian dilakukan paling tidak dua minggu sekali. Dalam 2 hari sekali kita juga harus memutar anting, putar dengan pelan, hala ini dilakukan agar peredaran darah lancar.

9Awasi Tangan Anak

sigambar.com

Telinga yang ditindik akan mengakibatkan efek gatal, sakit atau linu, anak pasti ingin memegangnya. Usahakan ini jangan terjadi karena malah bisa membuat telinga anak kita terluka.

Hindari juga terkena sampo dan sabun ketika mandi. Juga dalam mengenakan baju padanya karena anting suka nyangkut di pakaian dan malah bisa membuat anak kita menjerit kesakitan.

 

SHARE