Menyerah dan putus asa merupakan suatu hal yang manusiawi. Semua orang berhak merasakannya. Namun, masalahnya jika hal ini terus-terusan kamu biarkan begitu saja. Akan banyak tujuan dan impian yang selama ini kamu inginkan akan hilang begitu saja.

Di sisi lain, setiap orang memiliki potensi kreatif yang kadang tidak disadarinya. Potensi tersebut masih terkubur dan menunggu untuk dikeluarkan dari dalam otaknya. Hanya dengan kemauan kuat, kreatifitas itu suatu saat akan muncul dan membantumu meraih setiap tujuan hidupmu.

boombastis.com
boombastis.com

Dalam kesempatan kali ini, tandapagar.com akan mencoba berbagi trik sederhana bagaimana menstimulasi kreatifitasmu agar bisa meningkat dan bermanfaat dalam setiap aktifitasmu. Berikut penjelasannya.

1Pantang Beralasan

caafootball.wordpress.com

Alasan apapun itu, akan menghilangkan kemampuanmu dalam berfikir untuk mencari solusi kreatif atas suatu masalah yang sedang kamu hadapi. Justru alasan-alasan yang muncul dalam benakmu akan menyeretmu mundur kembali ke titik awal.

Sebagai contoh, seseorang yang ingin menjadi pengusaha. Seringkali mendapat pertanyaan dengan nada sangsi, “Apakah yakin usaha yang dijalani dapat berhasil?”.

Jika hal ini kamu terima sebagai alasan untuk meragukan langkahmu menjadi seorang pengusaha, efek selanjutnya akan lebih buruk.

Karena itulah, alasan apapun yang muncul, baik dari dalam diri sendiri atau orang lain harus segera kamu singkirkan. Kamu harus memastikan diri bahwa setiap alasan yang muncul tidak menjadi penyebab dirimu menyerah dalam mengejar sesuatu.

2Dapatkan Informasi dan Tools yang Diperlukan

blogs.managementconcepts.com

Tidak jarang, banyak calon pengusaha yang masih takut dan ragu dalam melangkah lebih jauh untuk benar-benar terjun menjadi seorang pengusaha.

Pikiran-pikiran negatif yang muncul pada akhirnya juga dapat menghambat ide kreatif dalam aktifitasnya menjalankan usaha.

Cara yang tepat untuk mengatasi hal ini dengan mencari tahu sebanyak mungkin informasi dan tools yang dibutuhkan dalam menjalani aktifitas sebagai seorang pengusaha. Termasuk cara-cara mencapai tujuan dan impianmu.

Kamu bisa belajar kepada para pengusaha yang sudah cukup sukses atau berkumpul dengan sesama pengusaha. Hal ini akan memudahkanmu mengatasi ketakutan dan keraguan yang sering muncul.

3Ambil Langkah Nyata

virtuallinda.com

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan setelah menjalani kedua tips di atas yaitu segeralah mengambil langkah nyata.

Ketika memulai membuka usaha misalnya, tidak perlu terlalu banyak yang dipikirkan. Langsung mengambil langkah nyata justru membuat otakmu bekerja dengan sendirinya.

Kebanyakan orang terlalu banyak membuat pertimbangan sebelum memulai usaha. Padahal hal itu justru akan membatasi otak berpikir kreatif.

Jangan terlalu banyak menunggu untuk suatu rencana atau ide menjadi sempurna. Karena hal ini justru membuat tujuanmu semakin lama meraihnya.