Pernikahan adalah langkah yang besar bagi seorang laki-laki. Hal tersebut akan berubah jauh lebih besar ketika seorang lelaki menjadi ayah baru. Banyak yang akan dipendam dan dipikirkan oleh ayah baru.

Banyak juga hal yang dikhawatirkan dan bukan berarti seorang lelaki pada usia ayah baru ini tidak dapat menenangkan diri. Namun, merisaukan sesuatu adalah hal yang dibutuhkan seorang lelaki.

Dan seorang lelaki akan belajar dari situ, dari pengambilan keputusan di tengah berbagai kekhawatiran itu. Berikut ini adalah beberapa kekhawatiran yang mungkin akan dialami seorang ayah baru.

1Cemburu dan Rindu

gulalives.com

Menurut para istri, menjadi seorang ibu baru itu seperti mengasuh bayi kecil dan bayi besar. Siapa yang dimaksud bayi besar? Tentu saja suami tercinta. Dan hal ini sebenarnya normal-normal saja.

Pada suatu titik, seorang suami akan merindukan perhatian dan kasih sayang istrinya yang tiba-tiba entah hilang ke mana. Tentu saja sepenuhnya dicurahkan untuk si bayi kecil.

Sesekali perlulah seorang istri memberikan kejutan mesra untuk ayah baru yang penuh rindu dan dibakar cemburu.

2Harus Bagaimana

sehat.hasilakhir.com

Kehidupan baru saat menjadi ayah baru tentu saja melibatkan berbagai hal yang merepotkan. Dan seorang ayah baru membutuhkan arahan yang tepat, harus bagaimana melakukan ini, bagaimana melakukan itu.

Istri butuh apa, adik bayi minta apa dan masih banyak lagi hal yang harus diketahui seorang ayah baru. Dan karena derajat kepekaan seorang lelaki memang rendah, istri tidak perlu ngambek dan marah saat suami tidak mengerti ini dan itu.

Cukup beri arahan dan ucapkan permintaan dengan jelas, disisipi senyum penuh cinta dari istri tercinta.

3Takut, Takut, dan Takut

ummi-online.com

Sebagai istri yang baik, kamu cukup tertawa kecil dan bersikap tenang untuk membuat suami kamu tenteram. Laki-laki selalu punya ketakutan tersendiri mengenai bagaimana kehidupan keluarganya akan berjalan.

Ayah baru mungkin takut menggendong si bayi karena takut ceroboh dan jatuh. Ayah baru juga bisa saja takut meninggalkan istri di rumah karena membayangkan banyak hal yang sangat mengkhawatirkan.

Dan hal ini sangat biasa, kehidupan ayah baru memang penuh dengan ketakutan. Tugas istri untuk menguatkan dan membuatnya yakin menjalani semuanya.

4Berkenalan dengan Anak

qerja.com

Tentu saja seorang anak harus mengenal ayahnya. Namun, bagaimana menghadirkan ayah dalam keseharian anak yang lebih dari 50% mungkin tanpa kehadiran ayah di rumah karena urusan pekerjaan?

Kamu bersama suami bisa memanfaatkan waktu libur sebagai quality time yang berharga. Ayah baru juga bisa membelikan pakaian baru atau mainan baru sebagai oleh-oleh pulang kerja. Hal tersebut akan membentuk ikatan batin antara ayah dan anak.

5Terima Kasih, Ayah

abiummi.com

Berbagai kegiatan mengurusi bayi kecil adalah hal yang awkward sekaligus menantang bagi seorang laki-laki. Namun, pada hal-hal semacam itu juga kadang terjadi kelucuan yang aneh.

Tentu saja juga karena hal tersebut memang bukanlah naluri seorang suami dalam mengurus anak. Meskipun telah menjadi kesepakatan misalnya suami mengurus anak ketika istri memasak, namun ayah baru juga butuh kasih sayang.

yoedha.com
yoedha.com

Dan salah satu bentuk kasih sayang tentu saja ucapan terima kasih yang sederhana namun manis dari bibir cantik seorang istri. Jangan memarahi suami saat popok adik bayi tidak terpasang rapi misalnya.

Cukup pecahkan suasana menjadi tawa lucu dan keheranan yang penuh canda. Ayah baru akan belajar menjadi ayah seiring waktu. Dan kamu tidak perlu risau akan itu, itulah saat suami kamu belajar menjadi ayah baru.

SHARE