Seiring berkembangnya teknologi informatika dan komputasi, kini berbagai jalan untuk mendapatkan pekerjaan pun semakin mudah. Salah satunya adalah menjadi freelancer, tetapi bagaimana sih caranya menjadi freelancer sukses?

Beberapa hal di bawah ini bisa jadi telah kamu lakukan, bisa juga belum pernah kamu pikirkan. Yang jelas banyak hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi freelancer sukses. Berikut beberapa di antaranya semoga dapat membantu usaha kamu.

1Being Specialist, Don’t Be Generalist

ebizocp.blogspot.com

Tentukan sikap, pastikan passion dan jalankan sesegera mungkin. Kamu yang muda mungkin sangat terbuka pada apapun saja. Bahkan kamu sangat mudah mempelajari banyak hal. Tetapi itu akan menghambat kamu menjadi freelancer sukses.

Tetapi pada satu titik kamu haruslah berhenti menjadi generalist yang ‘memakan’ peluang apa saja dan berubah menjadi specialist. Cukup pada satu bidang keahlian, bangun kepercayaan dan kembangkan jaringan.

ignitechurch.com
ignitechurch.com

Dengan cara specialist ini kamu akan mudah ditandai oleh mereka yang pernah bekerja sama dengan kamu. Menjadi generalist mungkin bagus pada awalnya, namun ingatlah untuk menentukan apa spesialisasi kamu sesungguhnya.

Saat kamu memilih jalan specialist ini kamu juga akan lebih mudah mengatur segala sesuatu hal. Kamu tidak butuh banyak waktu untuk mendalami pekerjaan yang kamu hadapi karena kamu telah benar-benar menguasainya.

2Menjadi Peselancar Apa Saja

bandt.com.au

Bukan berarti kamu harus mempelajari semua peluang yang memungkinkan, tetapi kamu harus memperhatikan peluang mana yang paling feasible. Kamu harus bisa melakukan eksplorasi dengan hati-hati.

Mungkin pada awalnya semua peluang terlihat baik-baik saja dan menggiurkan. Namun, jika kamu gegabah menilainya, dengan segera kamu akan kewalahan dan tidak sempurna saat menyelesaikan apa yang kamu kerjakan.

forty.co
forty.co

Tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada trust pelanggan kamu. Ia mungkin akan memilih untuk mencari freelancer lainnya yang dapat bekerja dengan total dan optimal. Jadi, pertimbangkan dengan baik peluang yang kamu dapatkan.

Sesuaikan dengan passion dan kehandalan kamu dalam menyelesaikan sebuah tugas. Jangan pernah mengerjakan sesuatu yang ragu-ragu. Meskipun hanya freelancer, kamu harus tetap profesional.

Dengan jalan profesional itulah kamu akan dapat menjadi freelancer yang sukses.

3Berkorban untuk Diri Sendiri

lifehack.org

Barang kali kamu memilih jalan freelancer karena ingin menambah uang jajan. Atau mungkin kamu memang benar-benar butuh uangnya untuk ‘menambal’ biaya studi kamu.

Apapun alasan dan kepentingan kamu mengambil jalan menjadi freelancer, kamu harus paham bahwa selalu ada keseimbangan di dunia ini. Jika kamu ingin mendapat lebih maka kamu harus memberikan lebih.

Artinya kamu harus relakan banyak hal berlalu. Bisa saja kamu rela untuk mengurasi aktivitas bermain bersama kawan-kawan kamu. Bisa juga kamu mengurangi waktu tidur kamu hingga lebih dar 50%.

Apapun itu, memang hal itulah yang harus kamu lakukan. Kamu harus ‘memberikan’ lebih kebebasan atau waktu kamu untuk mendapatkan hal lain yang lebih kamu butuhkan.

4Menjadi Freelancer Sukses yang Berakhlak

ustazfathulbari.wordpress.com

Bagaimana pun mendesaknya kebutuhanmu akan uang, jangan pernah korbankan martabat dan kualitas diri kamu. Kamu harus tetap bekerja secara profesional, bermoral, dan berakhlak.

Jangan pernah bersikap dan berbuat tidak jujur demi keterselesaian pekerjaan freelancer kamu. Ingatlah bahwa dari usaha yang baik akan tumbuh pohon yang baik, pohon yang kuat akarnya, rimbun daunnya, serta lebat buahnya.

Jadi, tetaplah menjadi pribadi dengan akhlak yang terpuji. Karena manusia sudah ditakdirkan mempunyai kecenderungan mendekat pada hal yang baik. Jika cara kerja kamu baik, hasilnya juga kamu upayakan dengan baik, percayalah.

Percayalah bahwa customer juga akan mendekat pada kamu, pelanggan akan percaya kepadamu dan menghargai kamu dengan harga yang pantas. Harga sebuah akhlak yang terpuji.

SHARE