Dua kebahagiaan yang akan dirasakan oleh orang yang berpuasa, yang pertama adalah ketika ia berbuka dan kedua adalah ketika bertemu dengan Allah di akhirat nanti.

Nah, karena kita masih hidup di dunia, maka kebahagiaan yang akan kita dapatkan adalah ketika berbuka.

Kebahagiaan saat buka puasa itu dapat dilihat dengan jelas saat menjelang berbuka. Pasti kamu akan terlihat bersemangat sekali saat itu. Bersemangat untuk menyiapkan aneka jenis makanan saat berbuka.

Tapi, sebagai anak kost yang super sibuk, jauh dari orang tua dan terlebih lagi harus hemat. Maka kamu perlu memilih menu buka puasa yang praktis. Apalagi jika saat berbuka kamu baru selesai kuliah. Pasti nggak sempat dong nyiapin macem-macem.

Untuk memecahkan problematika kamu itu, maka kamu perlu mencari menu-menu praktis untuk berbuka puasa. Apa saja menu-menu itu? Yuk kita lihat!

1Air Putih

gigisusu.net

Menu yang ini adalah menu wajib kamu saat berbuka, ya apalagi kalau bukan air putih. Apapun makanan kamu saat berbuka, maka kamu tetap membutuhkan air putih. Air putih ini akan mengembalikan cairan tubuh kamu.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan saat meminum air putih saat berbuka, yaitu kamu perlu mengulum airnya terlebih dahulu di dalam mulut kamu. Untuk apa?

Agar tubuh mendapat sinyal bahwa akan ada air yang masuk ke dalam saluran pencernaan kita. Jadi kita tidak akan tersedak.

2Kurma

captvicky.deviantart.com

Setelah seharian berpuasa, pasti energi kamu banyak terkuras. Untuk itu kita memerlukan makanan yang bisa mengembalikan energi kita. Nah, salah satu jenis makanan itu adalah kurma.

Kurma selain bisa mengembalikan energi, makanan ini pun disunnahkan oleh Rasulullah lho? Jadi buat kamu yang mau mengikuti salah satu teladannya, maka makanlah kurma saat berbuka.

3Teh Manis Hangat

sikumistory.wordpress.com

Teh manis hangat tentunya sangat praktis jika kita jadikan salah satu menu untuk berbuka puasa. Selain teh mudah didapat, kita pun tinggal menyeduhnya saja dengan air hangat.

Teh manis ini, selain mengembalikan energi dengan kadar gulanya, teh ini pun dapat membuat perut kita hangat dan terasa nyaman. Setelah seharian perut kosong tentunya hidangan ini jadi begitu istimewa.

4Gorengan

flickr.com

Walaupun gorengan terkenal dengan lemak dari minyak untuk menggorengnya, namun gorengan merupakan makanan yang paling praktis dan mudah ditemui di mana-mana. Apalagi di sekitar kampus.

Tapi, kamu jangan banyak-banyak makan gorengan saat berbuka ya, cukup untuk mengganjal perut saja. Sebelum pada akhirnya kamu makan makanan yang sebenarnya. Makan nasi maksudnya.

5Roti

flickr.com

Makanan praktis lainnya untuk menu berbuka puasa adalah roti. Kenapa dibilang praktis? Karena roti mudah kita dapat dan bisa kita beli lalu disimpan dari beberapa hari yang lalu. Jika kamu sedang kuliah pun makanan ini bisa kamu bawa ke mana-mana.

Selain praktis, kandungan kalori dari roti pun bisa mengembalikan energimu kembali. Pokoknya pas deh sebagai makanan pengganjal. Dan tentunya kamu pasti suka.

6Nugget

businessinsider.com

Saat ini banyak varian nugget beredar dipasaran. Bahkan ada yang menawarkan produk nugget yang bebas MSG (Monosodium Glutamat), dan bebas pengawet. Tentunya nugget sehat seperti ini bisa buat menu buka puasa nih.

Nugget cukup praktis untuk menu berbuka. Kita tinggal keluarkan dari freezer, digoreng sebentar dan nugget bisa langsung kita santap. Tentunya setelah terdengar adzan ya.

Sebenarnya masih bayak lagi menu berbuka yang praktis lainnya. Jadi kamu bisa lanjut untuk mencari ya. Selamat mencari bukaan yang praktis!

SHARE