Insomnia atau susah tidur bisa menjangkiti siapapun. Baik lak-laki maupun wanita. Tua ataupun muda dapat mengalami masalah susah tidur ini. Salah satu sebabnya bisa dari kebiasaan sehari-hari yang lebih sering tidur terlalu larut.

Banyaknya tugas kuliah atau tuntutan tugas dari kantor yang semakin menumpuk menjadi alasan banyak orang lebih sering tidur hingga larut malam.

Kalau sudah terlanjur terkena masalah insomnia, resiko terkena penyakit lainnya pun siap menanti. Disebabkan penderita insomnia akan mudah lelah dan daya tahan tubuhnya menurun.

Akibatnya tubuh tidak dapat menangkal radikal bebas, bakteri, maupun virus yang masuk ke dalam tubuh.

Sebagian orang yang telah terjangkit masalah susah tidur, biasanya mengambil jalan pintas dengan mengkonsumsi obat tidur setiap merasa insomnianya kambuh. Padahal hal ini justru dapat memberikan efek negatif di masa yang akan datang.

Padahal masalah insomnia bisa disembuhkan cukup dengan merubah gaya hidup selama ini. Salah satu yang dapat kamu lakukan dengan lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Karena diantara segala sesuatu yang kamu konsumsi, memiliki efek positif maupun negatif pada tubuhmu.

Ada sebagian makanan dan minuman yang setelah kamu mengkonsumsinya justru menambah masalah insomniamu. Namun ada juga makanan dan minuman yang membantu tubuh lebih mudah untuk tidur.

Pada artikel kali ini kamu dapat mengetahui makanan dan minuman yang bisa membantumu mengatasi masalah insomnia. Sehingga tanpa mengkonsumsi obat tidur pun, kamu tetap bisa mendapatkan kenikmatan tidur kembali dengan nyenyak.

1Segelas Susu Cokelat Hangat

tempatmakanmama.blogspot.com

Kandungan kalsium dalam susu sapi berfungsi menenangkan sistem syaraf pusat tubuhmu. Disamping itu, susu juga mampu menstimulasi produksi hormin endorfin dalam tubuh sehingga kamu bisa merasakan suasana ketenangan  dan tidur pun bisa lebih nyenyak.

Berikut ini bahan dan cara membuat segelas susu cokelat hangat  yang bisa kamu coba di rumah nanti.

Pertama siapkan bahan seperti segelas susu sapi cair, tiga sendok teh bubuk kakao, dan madu sebagai pemanis alami.

intisari-online.com
intisari-online.com

Selanjutnya hangatkan susu di atas kompor. Campurkan dengan bubuk kakao hingga warna menjadi kecoklatan. Tambahkan satu sendok teh madu agar campuran susu cokelat terasa manis secara alami.

Kamu bisa juga menambahkan seperempat gelas teh chamomile. Tanaman ini juga dapat memberikan efek mengantuk dan tidur lebih nyenyak lagi.

2Roti Pisang Selai Kacang

snip.ly

Pernahkah kamu pergi tidur dalam kondisi perut lapar? Apa yang terjadi berikutnya?

Sebagian besar orang akan menjawab bahwa dirinya tidak dapat tidur. Kalau pun bisa, tetap tidak bisa mendapatkan kenikmatan hingga tertidur lelap. Oleh karena itu, jika kamu merasa lapar di malam hari, khususnya jelang waktu tidur. Makanlah terlebih dahulu.

Roti sandwich dengan isi selai kacang dan pisang ini bisa menjadi salah satu makanan jelang tidurmu agar terhindar dari insomnia. Pisang memiliki kandungan enzim triptophan yang dapat menstimulasi serotonin. Salah satu hormon dalam tubuh yang dapat membantumu tertidur nyenyak.

Perpaduan antara irisan pisang dan selai kacang ini juga akan memanjakanmu menikmati hidangan roti di malam hari.

3Sup Kangkung Bumbu Pala

royco.co.id

Resep berikutnya yang dapat digunakan sebagai makan malam bagi kamu yang sedang insomnia adalah sayur kangkung. Sayuran yang dapat dimakan daun dan batang mudanya ini terbukti ampuh mengundang rasa kantuk pada tubuh kita.

kekeyohanes.blogspot.com
kekeyohanes.blogspot.com

Apalagi jika dipadukan dengan bumbu pala. kandungan yang ada dalam bumbu khas nusantara ini juga terbukti efektif membuat tidur semakin berkualitas.

Caranya membuatnya pun mudah.

Pertama siapkan 2 ikat kangkung. Buang batang bawahnya saja. 2 genggam seledri. 3 gelas air. 1 butir buah pala kecil. Dan 1 sendok teh madu.

Selanjutnya cuci kangkung, seledri dan pala yang sudah kamu siapkan dengan air bersih. Panaskan air hingga mendidih. Kemudian masukkan kangkung, seledri dan pala yang sudah dipotong kecil-kecil dalam panci.

Tunggu airnya menguap hingga tinggal sepertiganya saja. Tambahkan madu untuk menambahkan rasa manis alami pada menu ini.

Masakan kangkung bumbu pala yang sudah jadi dapat kamu nikmati bersama nasi atau langsung dimakan sebagai sup.