Masakan sehari-hari terasa menjenuhkan jika menunya yang itu-itu saja. Tidak ada salahnya kamu membuat variasi menu baru atau inovasi dalam menu lama.

Berikut ini ada tiga resep masakan sehari-hari yang akan membuat hari kamu lebih berwarna. Yuk, simak ulasannya!

1Cap Cay Bakso Goreng

homeamanah.blogspot.com

Cap cay merupakan jenis makanan yang isinya 10 macam sayuran. Walaupun pada prakteknya, cap cay tidak selalu memiliki isi sayur yang lengkap. Beberapa orang bahkan menambahkan bahan-bahan lain, seperti ayam, udang, dan hati ayam.

Bagaimana dengan menambahkan bakso dalam cap cay? Kalau penasaran, mendingan ikuti resep berikut ini.

Langkah pertama, tentu saja harus menyediakan bahan-bahannya, yaitu daging ayam, sawi putih, bakso, sawi hijau, kol, wortel, kecap ikan, bawang putih, saus tiram, garam, merica, dan tepung maizena.

ahsanfile.com
ahsanfile.com

Langkah kedua, mulailah menumis irisan bawang putih dengan api sedang. Setelah aromanya harum, masukan ayam dan bakso, lalu aduk-aduk sampai warnanya berubah.

Kemudian, tuangkan kecap ikan, saus tiram, garam dan merica ke dalam tumisan tadi. Aduk-aduk lagi hingga merata dan bumbunya menyatu dengan bahan.

ahsanfile.com
ahsanfile.com

Tuangkan sedikit air dan masukan semua bahan sayur yang sudah dipotong-potong. Selanjutnya, tuangkan larutan tepung maizena dan aduk lagi sampai terlihat mengental. Terakhir, angkat cap cay dan sajikan.

Selamat mencoba!

2Tumis Kangkung Praktis dan Lezat

flickr.com

Kangkung sudah tidak asing lagi dalam menu sehari-hari. Tapi, bagaimana sih membuat tumis kangkung yang praktis dan lezat?

Pertama, siapkan bahan-bahannya berupa kangkung, cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, saus tiram, garam, gula pasir, terasi, tomat, dan mentega.

Cara memasaknya, pertama, bersihkan kangkung dan petik daunnya. Kemudian, iris-iris bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabe.

Langkah berikutnya, panaskanlah mentega di atas penggorengan lalu tumis bahan-bahan berupa irisan bawang putih dan bawang merah. Jika aromanya sudah harum, masukan semua cabe, terasi, dan lengkuas.

Lingkarkan saus tiram di pinggiran bumbu tumis (jangan langsung dimasukan ke bumbunya). Selanjutnya, masukan kangkung dan aduk-aduk sebentar.

belindomag.nl
belindomag.nl

Biasanya, tumisan kangkung ditambahan sedikit air. Namun, kamu boleh tidak menambahkannya karena air akan keluar dengan sendirinya dari kangkung dengan cara mengecilkan api.

Masaklah kangkung sampai setengah matang, lalu taburkan gula dan garam. Aduk-aduk sampai bumbunya tercampur rata.

Sebelum tumis kangkung diangkat, cicipi terlebih dahulu agar tidak terlalu asing saat menambahkan saus tiram dan terasi.

Tahap terakhir, masukan tomat sambil terus diaduk, tapi sebentar saja. Angkat tumis kangkung jika sudah matang.

Sajikan tumis kangkung bersama nasi, ikan asin, dan tempe goreng. Selamat menikmati!

3Terong Balado

duniainternet.com

Kamu mengenal masakan yang satu ini, terong balado. Masakan asli Padang ini memang disukai banyak orang. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Seenak apa sih rasanya? Coba bikin, yuk!

Pertama, kamu harus siapkan bahan-bahan berupa terong ungu minimal 4 buah.

Sediakan juga bahan-bahan untuk bumbu halus, yaitu bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe merah besar, tomat, garam, dan gula.

Cara membuatnya, pertama cuci dan iris terong menjadi empat bagian dengan panjang kira-kira 10 cm. Potonglah dalam bentuk memanjang.

Kemudian, rendamlah irisan terong supaya warnanya tidak berubah. Setelah minyak dalam wajan panas, goreng terong sampai matang. Jika telah matang, angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, kupas dan irislah bawang merah dan bawang putih. Kemudian, buatlah bumbu halus dengan bahah-bahan tersebut di atas. Taburkan garam dan gula secukupnya.

Langkah berikutnya, tumis bumbu halus menggunakan minyak panas. Ketika aromanya sudah harum, masukan terong dan aduk sampai merata.

Kalau sudah matang, angkat dan sisihkan. Sajikan terong dalam keadaan hangat, pasti terasa kelezatannya.