Bagi ibu rumah tangga sang ‘menteri’ perekonomian di rumah. Hal yang paling penting dalam perannya itu adalah mengatur anggaran belanja setiap harinya.

Adakalanya membeli bahan belanja dengan masakan super enak seperti di restoran. Namun tentu ada waktunya juga memilih menu makanan yang sederhana untuk menyeimbangkan keuangan.

Memilih menu makanan sederhana memang tidak mudah, apalagi ditambah rewelnya anak kita soal makanan. Bagaimana memilih menu makanan sederhana namun tetap enak dan disukai oleh keluarga?

Nah berikut ini adalah beberapa menu makanan sederhana tapi punya rasa yang mewah.

1Ayam Goreng Crispy

resepcaramasak.com

Ini makanan yang pasti akan disukai oleh anak-anak kita. Rasanya yang renyah dan gurih membuat ayam goreng crispy banyak digemari kawula muda di Indonesia.

Makanan ini awalnya dibawa franchise asal Amerika Kentucky Fried Chicken (KFC). Akhirnya ayam ini identik dengan nama franchise tersebut, yakni ayam kentaki.

Kesan awal ayam goreng tepung ini karena dibawa oleh franchise terkenal, mahal dan susah dibuat. Namun anggapan itu ternyata sudah runtuh dengan banyak ditemukannya ayam sejenis dengan harga yang jauh lebih murah.

windimustika.wordpress.com
windimustika.wordpress.com

Resep menu masakan ini juga bukan barang rahasia lagi, ibu-ibu rumah tangga bisa dengan mudah membuatnya dirumah.

Harga ayam yang relatif terjangkau dengan bumbu yang sederhana, membuat menu ayam goreng crispy menjadi menu makanan sederhana yang lezat dan paling banyak dipilih.

Tidak perlu banyak makanan pendamping untuk menu ini. Cukup didampingi nasi putih dan saus sambal, ayam goreng crispy siap untuk dinikmati. Sederhana bahannya, sederhana harganya serta sederhana membuatnya.

2Omelet

wikihow.com

Sudah pernah dengar nama makanan ini? mungkin kamu akan menganggap ini makanan mahal, karena sering disajikan di restoran. Padahal kalau kamu tahu, makanan berbahan dasar telur ayam ini sangat sederhana membuatnya.

Selain sederhana, makanan ini sangat disukai oleh anak-anak. Dengan ditambah banyak ragam sayuran, makanan ini sangat cocok sebagai menu sarapan keluarga.

Nama omelet adalah bahasa Indonesia yang diadaptasi dari bahasa prancis omelette. Omelet termasuk makanan yang mendunia. Terdapat berbagai variasi jenis omelet yang ada di berbagai belahan dunia.

Contohnya omelet Iran yang menggunakan campuran gula, omelet Yunani yang menggunakan isian tumisan sayuran, serta frittata yang merupakan omelet gaya Italia. Bagaimana omelet versi kamu?

blissfullydelicious.com
blissfullydelicious.com

Banyak yang bilang omelet di Indonesia sama seperti telur dadar, karena sama-sama berbahan dasar telur dan sayuran. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena ada bahan dan cara lain dalam pembuatan omlete.

Biasanya omelet di Indonesia berisikan bahan seperti keju, beragam sayuran, jamur dan potongan daging. Namun untuk omelet yang sederhana, kamu bisa mengganti daging dengan potongan ayam atau sosis saja.

Untuk membuat omelet yang memiliki tekstur yang lebih halus, ditambahkan sedikit susu atau air, yang bertujuan untuk membentuk gelembung udara pada saat pengocokan.

3Ikan Panggang

qraved.com

Menu selanjutnya yang menjadi menu masakan sederhana pilihan kita adalah Ikan Panggang. Mungkin kamu menyimpan ikan-ikan yang enak dibakar, ada di dalam kulkasmu?

Lebih mudah dan murah tentunya jika kamu memiliki ikan yang sudah tersedia di dalam kulkas. Namun kalaupun harus membeli, harga ikan tetaplah terjangkau oleh kita.

Pilihlah ikan yang cocok untuk dipanggang seperti ikan nila, gurame, kembung, salmon dan masih banyak yang lain.

Ikan panggang yang disukai banyak orang ini, sangat cocok dihidangkan dengan sambal kecap. Umumnya makanan ini disajikan di waktu makan siang dan makan malam.

4Rendang Ayam

duniainter.net

Tahukah kamu kalau menu masakan rendang adalah makanan terlezat di dunia dalam survei CNN? Makanan asli Minangkabau ini memang paling digemari bagi penyuka rasa asin dan pedas.

Umumnya rendang memang berbahan dasar daging sapi. Namun karena tema masakan kita adalah masakan sederhana, kamu bisa mengganti daging sapi dengan daging ayam saja.

Kalau kamu membuat olahan bumbu rendang dengan baik, tentu rasa rendang ayam nggak kalah nendang dibanding rendang daging sapi. Rendang ayam menjadi menu masakan sederhana dengan rasa yang mewah.