Waktu terus berjalan, ia tidak pernah kembali ke masa lampau walau 1 detik pun. Semakin hari semakin bertambah waktu, tapi dengan itu semakin hari, semakin umur kita berkurang.

Rasanya tidak terasa dan cepat sekali, rasanya kemarin kita baru bermain kelereng, rasanya baru seminggu yang lalu kita menikah dan sekarang rambut kita sudah mulai memutih, tubuh kita semakin melemah, kekuatan kita semakin berkurang.

Pandangan mata kita juga semakin buram, dulu yang membaca lancar sekarang harus dibantu dengan kaca mata. Apakah ini tanda-tanda kita sudah tua?

Ya kita memang sudah mulai menua dan mungkin umur kita sudah tidak banyak lagi. Dan ini lah saatnya kita mulai mengikhlaskan segala yang ada di hadapan kita.

Mari kita bahas tentang segala sesuatu tentang saat menjelang usia senja

1Sisa Umur yang Pendek

pixoto.com

Yap, yang terpenting saat kita menjelang usia senja adalah sisa umur kita yang tinggal sedikit, walau kematian bisa datang kepada siapa saja, tapi tanda-tanda perubahan fisik kita juga bagian dari faktor dekatnya kematian.

Dengan usia mulai senja kita harus segera sadar, siapa kita sebenarnya, untuk apa kita hidup dan kepada siapa kita kembali. Dengan kata lain kita harus segera kembali kepada Tuhan pencipta kita.

Kita harus banyak bersujud, memohon ampun atas apa yang kita perbuat, pasti kesalahan dan dosa kita telah banyak, untuk itu di usia mulai senja harus banyak-banyak beribadah kepada ALLAH Swt.

2Dulu Mendapatkan Sekarang Melepas

konfrontasi.com

Dengan usia yang mulai senja kita harus sadar tentang orang-orang yang kita cintai. Dulu kita sangat semangat untuk mendapatkan cinta, memperjuangkan cinta dan mempertahankan demi memperoleh kebahagiaan.

Sekarang berbeda ceritanya, sekarang harus mulai belajar ikhlas melepas semua yang kita cinta. Karena ketika mati tidak membawa apa-apa selain catatan amal kehidupan.

3Selalu Butuh Bantuan Orang Lain

papasemar.com

Dengan usia mulai senja dan kekuatan kita berkurang tentu ketika kita butuh apa-apa kita akan berharap dan minta bantuan orang lain. Secara memang fisik tidak bisa dibohongi, dipaksakan seperti apapun tidak akan maksimal, yang ada malah tambah merepotkan.

4Relakan Harta dan Segalanya

bisnisukm.com

Harta yang dulu kita mati-matian mencarinya, mempertahankannya dan kita sangat menikmatinya sekarang harus mulai rela dan ikhlas untuk meninggalkannya. Harta dan segala yang kita punya akan menjadi milik ahli waris kita.

Sebanyak apapun, semewah apapun dan seindah apapun yang kita miliki tetap saja tidak dibawa mati, akan lebih berguna jika diwariskan bagi yang membutuhkan.

5Bahagia Menikmati Masa Tua Adalah Segalanya

teraswarta.com

Di usia menjelang tua, bahagia adalah hal yang paling utama yang harus didapatkan. Banyaknya pengalaman dan cerita pahit di masa muda lalu sudah cukup rasanya, jadi seharusnya lah bahagia yang menjadi cerita di akhir kehidupan kita.

Bahagia di akhir usia, disaat usia menjelang senja adalah segalanya.

Jadi sudahkah kita siap dengan masa tua dan mulai ikhlas dengan segalanya?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here