rosediana.net

Simak Tips Berikut Jika Kamu Ingin Menulis Sebuah Novel!

Posted on

Novel merupakan salah satu karya sastra yang dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak sekali penggemar novel yang haus akan cerita cerita baru yang segar. Tidak sedikit pula masyarakat juga menyukai novel yang diambil dari kisah nyata dari seorang tokoh atau suatu daerah.

Terkadang para penggemar novel itu juga ingin sekali menerbitkan novelnya sendiri. Hal ini karena kecintaan terhadap novel yang sangat besar. Akan tetapi menulis sebuah novel bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Diperlukan banyak hal yang harus dipersiapkan, karena menulis novel lebih sulit jika dibandingkan dengan menulis cerpen atau artikel. Cerita yang disajikan dalam novel memerlukan beberapa tahapan hingga menjadi kesatuan alur yang benar. Proses pembuatannya juga membutuhkan waktu yang lama.

Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut ini saat kamu ingin menulis sebuah novel.

Pahami Langkah Menulis Novel

Dalam mengerjakan segala sesuatu tentu saja kamu harus melakukan beberapa tahapan agar apa yang kamu kerjakan itu dapat berhasil. Sama halnya dengan menulis sebuah novel, kamu perlu untuk melakukan beberapa langkah langkah menulis novel yang benar.

Banyak membaca atau bertanya kepada sang ahli tentang tahapan menulis novel yang benar merupakan langkah awal yang harus kamu ambil. Kuasai dulu ilmu menulis sebelum kamu memutuskan untuk membuat novelmu sendiri.

Get Your Idea!

Setelah kamu mengetahui ilmu tentang menulis novel, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema. Kamu bisa mengambil sebuah tema berdasarkan kehidupan keseharianmu. Atau bisa juga mengambil dari pengalaman hidup seseorang.

Buatlah tema yang menarik agar para pembaca menjadi penasaran untuk membaca novel yang kamu tulis. Bila kamu sulit untuk menemukan sebuah tema cobalah untuk berjalan berkeliling tempat tinggalmu. Jangan lupa untuk membawa sebuah buku catatan kecil untuk mencatat ide idemu.

Jangan Mudah Menyerah

Saat kamu mulai untuk menulis sebuah novel, maka tantangan yang akan kamu hadapi sangat banyak. Termasuk perasaan bosan atau lelah serta rasa malas untuk menulis novel. Jika hal itu terjadi, tanamkan pada dirimu sendiri bahwa kamu harus menyelesaikan novel yang sedang kamu tulis.

Teruslah untuk memberi semangat pada dirimu sendiri agar tidak mudah untukĀ  menyerah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *