Bicara soal uang tentu kita harus benar-benar dalam keadaan pikiran bersih, disaat hati sedang tenang dan di suasane yang penuh kehangatan.

Di jaman sekarang uang sudah menjadi hal yang sangat sensitif bagi masyarakat, bahkan bisa dikatakan ke level super sensitif.

Karena kita tahu sudah banyak terjadi kasus atau peristiwa hanya karena masalah uang. Hal ini cukup mencengangkan bagi kita semua.

Uang sebenarnya cuma sebuah benda mati, tapi penghargaan manusia yang membuat uang menjadi seperti dewa, raja ataupun segalanya. Manusia beranggapan lebih penting mencari uang daripada mencari persaudaraan. Ah, kliru itu.

Buat kamu-kamu yang lagi pegang banyak uang, hehe. Kamu harus baca dibawah ini dech.

1Kenali Apa itu Uang

di-ta.com

Hal yang pertama dalam mensikapi uang adalah kamu harus tahu apa itu uang, gunanya uang dan tentunya efek jika tidak ada uang. Tanpa kamu kenal apa itu uang, wah bisa ditipu orang kamu. Apalagi di jaman sekarang ini, banyak jenis uang dan nilainya juga macam-macam.

2Ketahui Apa yang Kamu Butuhkan

panin.co.id

Uang adalah salah satu alat untuk memenuhi kebutuhanmu. Tentunya kamu harus mulai dariĀ  kebutuhan dasar untuk kehidupanmu, mulai dari pakaian, makan dan tempat tinggal. Jangan mulai dari kebutuhan yang lain sebelum ini terpenuhi.

Kalau perlu buat daftar prioritas kebutuhan, buat yang besar dan tempel di dinding kamar. Sehingga kamu tidak akan pernah lupa apa saja prioritas kebutuhanmu.

Di masyarakat jaman ini banyak sekali kebutuhan dasar justru menjadi prioritas kedua, hasilnya mereka akan kerepotan sendiri. Jangan begitu dech.

3Hubungan Uang dengan Kebahagiaanmu

littlemikhael.wordpress.com

Perlu kita ingat baik-baik ya, bahwa uang bukan segala-galanya. Uang juga bukan penjamin kebahagiaan kita. Memang orang bisa bahagia dengan uang, tapi tetap saja itu kebahagiaan semu. Namanya kebahagiaan tetep bersumber dari hati bukan barang, bukankah begitu?

Kadang kita bingung, stress dan gelisah jika kita tidak punya uang serupiah pun, kadang kita juga merasa menjadi raja jika punya uang banyak, pengen ini itu, beli kesana kemari. Nah itu tandanya uang masih mempengaruhi kebahagiaan kita.

Memang kita butuh uang tapi bukan berarti kita tidak bisa bahagia tanpa uang lho. Ayo belajar terus ya, hehe.

4Berapa Banyak Uang yang Kamu Sumbangkan

salmanitb.com

Tentu ini menjadi persoalan tersendiri di negara kita, dimana banyak sekali, dimana-mana terjadi kesenjangan sosial.

Orang kaya yang punya banyak uang acuh terhadap orang miskin. Makanya sekarang banyak sekali lembaga sosial atau lembaga zakat untuk mengurangi masalah ini.

Kalau kita punya banyak uang tentu kita juga harus tahu bahwa semua uang itu bukan sepenuhnya menjadi hak milik kita. Iya sich yang kerja keras kita, yang cari uang kita sendiri. Tapi tetap saja ada sebagian kecil hak mereka dari kita.

Orang kalau punya banyak uang dan tidak mau berbagi rata-rata mereka akan menjadi liar tak terkendali. Merasa seperti seorang raja yang harus dihormati, merasa semua bisa dibeli dengan uang, hmmmmm.

Makanya kalau kita banyak uang kudu hati-hati, di sumbangkan tentu sangat berarti dan menenangkan hati kita, dijamin dech.

5Menghadapi Krisis

bisniskeuangan.kompas.com

Nah ini adalah pertanyaan sulit, perlu penyikapan yang sangat bijak. Ketika semua harga barang naik, kebutuhan bertambah dan penghasilan tetap saja tidak naik.

Kita harus benar-benar bisa memilih mana prioritas kebutuhan , mana kebutuhan yang tidak bisa ditunda atau urgent dengan mana kebutuhan yang tidak bisa di tunda. Tentu kita juga harus siap-siap juga ketika ada pelonjakan harga, jangan sampai kita keteteran pokoknya.

Yup ini ada 5 sikap yang perlu kita tahu tentang penyikapan uang, semoga bermanfaat ya.

SHARE