Merantau merupakan salah satu aktifitas yang sangat bermanfaat bagi seseorang, layaknya seperti Rasulullah mendapat perintah untuk hijrah dan Rasulullah mendapat banyak kemudahan ketika hijrah.

Begitu pula dengan kamu, ketika kamu beranjak dari kampung halaman kamu dan memutuskan untuk merantau, membangun peradaban baru, membuat jejak baru, semangat baru dan langkah-langkah baru.

Akan sangat berbeda ketika kamu hanya berada dari zona nyaman yang membuat kamu tidur pulas tanpa ada yang mengganggu, tanpa ada tekanan dari siapapun. Bahkan tidur gratis, makan gratis, kencing gratis karena masih ikut orang tua dirumah.

Bagi kamu yang sekarang merantau atau memang belum merantau, cobalah sesekali, akan kamu rasakan bagaimana jauh dari orang tua, jauh dari saudara dan betapa besar cinta yang kamu punya.

Berikut beberapa hal yang akan kamu dapatkan ketika kamu merantau.

1Menambah Ilmu dan Pengalaman

blog.tokopedia.com

Tentu merantau akan menambah ilmu kamu, secara ilmu itu memang tersebar luas dimana saja. Dengan merantau kamu akan banyak berkenalan dengan orang baru, kamu bisa belajar dari mereka baik ilmu dan pengalaman mereka.

Ketika kamu berada di dunia kerja di perantauan pun pasti kamu akan mendapat ilmu yang tidak ada di kampung halaman. Baik ilmu dari pekerjaan, dari teman kerja atau dari pimpinan dari tempat kamu bekerja.

2Akan Menjadikan Dirimu Tahu Tentang Dunia Luar

boombastis.com

Kampung halaman kamu mungkin memang indah tapi dunia ini begitu luas, jangan hanya punya mental nyaman di rumah saja, tapi keluarlah, lihatlah dunia luar yang begitu bermacam-macam warnanya.

Merantau akan membuat kamu tahu bahwa dunia ini tidak sesempit dan sesederhana yang seperti ada di kampung halaman, tapi dunia ini begitu rumit dan kejam. Seperti yang ada di kota besar, hidup sendirian disana kalau tidak punya uang ya tidak bisa makan.

Beda dengan di kampung halaman, kamu mungkin masih punya saudara, masih banyak tumbuhan yang bersih untuk dimakan. Sungai masih jernih banyak ikannya, mandi di sungai pun bisa.

3Akan Beri Kenangan Indah

ayosebarkan.com

Tentu akan kamu dapatkan ketika merantau sebuah kenangan perjuangan yang indah. Mungkin Saat kamu berjuang sendiri melamar pekerjaan, saat kamu tidur sendiri di kost yang harus bayar, saat kamu sakit tidak ada yang merawat dan sebagainya.

Kenangan itu tidak hanya sekedar kenangan tapi juga pengalaman yang akan menjadikan kamu hidup lebih kuat, lebih dewasa dan lebih bijak dalam kehidupan berikutnya.

4Akan Melukis Rindu dan Menyadarkan Akan Cinta

arcopodojournal.com

Sangat benar sekali dan inilah yang mungkin paling terasa dalam diri. Kalau kelaparan atau kepanasan itu bisa diatasi dengan mudah, tapi kalau rindu pada orang tua, pada saudara dan teman-teman akan menjadikan sebuah lukisan di hati yang begitu indah.

Rindu itu akan membuktikan bahwa kamu mencintai mereka, kamu menyayangi mereka dan kamu butuh mereka. Orang-orang yang dikampung halaman kamu yang ketika dekat tidak terasa cintanya sekarang akan sangat terasa sekali.

Kamu juga akan merasakan betapa baiknya mereka, betapa mereka juga sayang kepadamu, setiap kamu pulang pasti akan disambut dengan rindu dan cinta yang indah.

5Akan Beri Tahu Kamu Nikmatnya Rasa Pulang

brilio.net

Merantau akan memberikan rasa nikmat yang luar biasanya ketika pulang, rumah yang dulu sejak kecil bermain, bercerita, belajar, nangis, bertengkar dan sebagainya akan nikmat sekali ketika berjumpa dengannya.

Nostalgia akan hidup, kenangan akan kembali dalam ingatan, kamu akan bercerita dengan orang tua, berbagi pengalaman dengan teman dan bersenda gurau dengan semuanya. Tentu itu akan sangat indah sekali, rasanya seperti mengisi energi kembali.

Memang kata pulang itu jauh lebih indah dari kata pergi tapi kamu harus pergi untuk mendapatkan kata pulang. So, merantaulah dan rasakan keindahan yang begitu mendalam. Semoga bermanfaat ya