Dalam hidup berumah tangga, maka kita harus menyadari bahwa ada dua kepala yang bersatu dalam ikatan suci atas nama agama dan Negara tersebut. Yaitu kepala sosok lelaki dan sosok perempuan.

Selain isi kepala menyangkut pandangan hidup dan prasangka juga berbeda, tak bisa dipungkiri bahwa masalah karakter pribadi, psikologis secara kelamin, dan lingkungan tempat tumbuh juga mempengaruhi seseorang.

Maka sudah selayaknya suami dan istri bisa saling memahami dan mempelajari pasangannya dengan baik, agar jangan sampai kesalahpahaman yang hadir membuat sebuah jurang hingga menjadikan perpisahan ada di depan mata.

Termasuk ada sebuah permasalahan yang mungkin juga sering hadir dalam rumah tangga adalah salah satu tak bisa jujur kepada pasangannya, entah karena alasan tak ingin membebani pikiran pasangannya atau karena malu.

Namun siapa sih yang mau dibohongi oleh pasangannya?

Nah, jika kamu merasa aneh dengan gelagat pasanganmu, jangan asal tuduh dulu dia berbohong namun cari tahu apakah benar ada hal yang disembunyikannya dengan cara-cara berikut ini:

Ajak Dia Berkontak Mata

hipwee com
hipwee.com

Setelah kalian hidup bersama dan saling berkomitmen dalam cinta maka akan lebih mudah dalam membaca apa yang ada di dalam pasangan lewat matanya.

Tak perlu menjadi seorang psikolog untuk bisa membaca mata seseorang yang sedang berbohong, apalagi jika dia adalah orang terdekat kita kan?

Coba ajak dia berkontak mata, jika dia berbohong maka siratan matanya akan kelihatan. Yakin deh! Hehehe.

Perhatikan Bahasa Tubuhnya

9513-ciri-orang-sedang-berbohong
ummi-online.com

Jika ada yang berbeda dengan pasanganmu akhir-akhir ini coba perhatikan bahasa tubuh dan gelagatnya apakah memang terlihat menyembunyikan sesuatu.

Siapapun pasti akan merasakan perubahan itu jika hal tersebut menyangkut pasangan hidup yangs etiap hari menjalani hari-hari bersamanya.

Cari Tahu Lewat Orang Terdekatnya

id finspi com
id.finspi.com

Suami atau istri mu pasti memiliki orang terdekat juga selain dirimu, bisa jadi itu orangtua, kakak, adik, atau sahabatnya.

Maka jika pasangan tidak mau terbuka kepada kita akan sesuatu dan kita merasa dia sedang membohongi kita dengan menyimpan sesuatu, daripada bertanya pada sembarangan orang mending coba berkomunikasi dengan orang terdekatnya tersebut.

Ajak Bicara Di Saat yang Tepat

loop co id
loop.co.id

Jika kita menyadari ada yang berbeda dengan pasangan dan merasa dia sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu, jangan langsung menuduh atau menanyakannya tanpa kita memiliki bukti.

Namun setelah mengamati bahasa tubuh, gelagat, bahasa mata, serta bertanya pada orang terdekatnya ternyata menjurus pada satu hal yang memang disembunyikannya, maka tanyakan baik-baik padanya di waktu yang tepat.

Bisa jadi dengan mengajaknya makan malam di luar, atau saat menjelang tidur, atau setelah beribadah bersama, saat kalian sama-sama santai dan tenang, maka komunikasi akan berjalan dengan baik dan lancar.