Secara fisik, berpuasa identik dengan menahan lapar dan haus lebih kurang selama 12 jam, namun jangan dijadikan alasan untuk kita menjadi tidak bersemangat dan terlalu mengurangi aktivitas sehari-hari.

Kita harus tetap rutin bekerja atau sekolah sambil beribadah tentunya. Sebab itu cobalah untuk tetap menjaga kondisi tubuh yang prima, walaupun perut harus kosong selama 12 jam kita berpuasa dengan memperhatikan menu sehat saat berbuka dan saat sahur tentunya.

Mengkonsumsi Protein dan Karbohidrat Ketika Sahur

dapur kiki widyasari
www.dumaifm.com

Konsumsilah makanan bergizi baik ketika sahur maupun ketika anda berbuka puasa. Meskipun menu sederhana, tetapi yang penting berisi lima unsur gisi komplit seperti lemak, protein, vitamin, karbohidrat, dan mineral.

Makan Makanan Berserat

114
www.lintasnews.com

Agar bisa menahan rasa lapar, kamu bisa memperbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang berserat banyak terdapat dalam sayur sayuran dan buah. Tubuhmu membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

Berbuka Dengan Air Hangat

Manfaat-dan-Efek-Samping-Minum-Air-Hangat-Bagi-Kesehatan
www.prosesdetox.com

Hindari es ketika berbuka jika kondisi fisikmu semakin melemah saat berpuasa. Kamu bisa menggantinya dengan air hangat, karena ini akan mengembalikan tenagamu. Dan yang perlu kamu ingat, hindari minuman bersoda ya.

Beristirahat yang Cukup

1z3b3421
guesimple.wordpress.com

Cobalah untuk beristirahat kurang lebih 1 jam sebelum menyantap makananĀ  berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya adalah untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan yang berlebihan dan makanan asinan.

Mengkonsumsi Madu dan Kurma

selain-kurma-madu-sangat-baik-untuk-sajian-bulan-puasa
www.vemale.com

Madu dan kurma akan sangat membantu dalam menjaga energi tubuh kamu. Maka, usahakan mengkonsumsi madu dan kurma ketika sahur dan berbuka.

Nah itulah tadi beberapa tips agar puasamu tetap lancar dan fisik tetap sehat. Selamat mencoba ya gaes.

 

SHARE