www.panoramio.com

Beginilah Seharusnya Menanam dan Merawat Anggrek Bulan

Posted on

Anggrek bulan sudah termasuk kedalam nominasi bunga nasional. Selain itu anggrek Bulan atau Phalaenopsis amabilis atau Puspa Pesona adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang paling banyak disukai.

Budidaya tanaman hias anggrek bulan tidak terlalu rumit. Tanaman ini berjenis epifit, yaitu tumbuh menempel pada inang sehingga cukup mudah untuk dipelihara. Tips perawatan Anggrek Bulan agar tumbuh dan berbunga cantik bisa kamu simak pada artikel berikut.

Memilih Pot Plastik Atau Tanah

www.drakemedia.net
www.drakemedia.net

Pot yang akan dipakai sebaiknya pot baru. Bisa digunakan pot bekas namun harus dengan perlakuan terlebih dahulu. Pot bekas biasanya ditumbuhi lumut, jamur bahkan mungkin bakteri. Dan mungkin pot telah asam.

Untuk itu harus dibersihkan sampai betul-betul bersih. Pemilihan pot adalah hal yang sangat penting sebelum menanam anggrek. Pot yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan besarnya tanaman dan jenis anggrek yang akan ditanam.

Sediakan Tiang Penahan

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Untuk tiang penahan lebih baik dibuat dari kawat dengan diameter 2~4 mm. Disamping kokoh juga tahan lama. Fungsi dari tiang ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman atau perlakuan lainnya.

Sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu. Tiang penyangga dapat dilepas bila tanaman sudah menempel kuat pada pot.

Sediakan Media Tanam

matematikacerdas.wordpress.com
matematikacerdas.wordpress.com

Untuk menanam anggrek dipot diperlukan media tanam. Ada beberapa jenis media tanam Seperti, potongan pakis, arang kayu, potongan sabut kelapa, pecahan batu bata atau genteng. Media ini diperlukan untuk mengikat air dan tempat menempel akar tanaman.

Perhatikan Sinar Matahari

www.panoramio.com
www.panoramio.com

Anggrek bulan tidak bisa tumbuh dengan baik jika terkena sinar matahari secara langsung. Letakkan tanaman pada daerah yang teduh, atau beri naungan dengan jaring peneduh.

Rutin Melakukan Penyiraman

www.kompasiana.com
www.kompasiana.com

Penyiraman dapat dilakukan 1 kali sehari. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan air bersih. Proses penyiraman lebih baik dilakukaan di pagi hari, sebelum matahari terbit.

Pemupukan

matematikacerdas.wordpress.com
matematikacerdas.wordpress.com

Pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sekali dengan pupuk yang mengandung kalsium, phospor dan kalium. Pupuk dilarutkan dlam air, kemudian disiramkan pada tanaman. Pemberian pupuk daun juga perlu diberikan, dengan cara disemprotkan.

Nah, itulah tadi beberapa tahapan untuk menanam dan merawat anggrek bulan. So, silahkan mencobanya ya guys.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *