Pisang merupakan tumbuhan berdaun lebar memanjang dari suku Musaceae. Walau terdiri dari banyak jenis, buah ini menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dengan nama yang sama, yaitu pisang.

Hampir semua jenisnya memiliki warna kuning ketika matang. Walau ada diantaranya yang berwarna hijau, ungu, merah, jingga atau kehitaman.

Buah pisang terkategorikan sebagai bahan pangan karena memiliki sumber energi berupa karbohidrat. Di dalamnya juga terkandung mineral, terutama kalium.

Namun demikian, istilah pisang tidak hanya digunakan untuk beberapa jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi. Contohnya seperti pisang abaka, pisang hias dan pisang kipas.

Ragam tumbuhan pisang tersebar pada wilayah yang dikenal dengan Malesia, yaitu wilayah Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika.

Dan sebagian kecilnya berada di Afrika trops. Tumbuhan ini sangat menyukai iklim tropis dengan suhu panas dan lembab. Khususnya di dataran rendah.

Uniknya dari tumbuhan ini, apabila daerah tempatnya tumbuh mengalami hujan merata sepanjang tahun, maka produksinya dapat berlangsung sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Bahkan Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah dan Brasil dikenal sebagai eksportir pisang.

Berkaitan dengan penggunaan pisang sebagai masker untuk mendapatkan wajah terawat secara alami, perlu kamu ketahui terlebih dahulu kandungan mineral di dalamnya.

Kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan zat besi sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Ditambah lagi dengan kandungan mineral pisang terbukti dapat diserap tubuh hampir secara keseluruhan.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan vitamin tinggi, khususnya provitamin A yaitu betakaroten. Vitamin B-nya pun tidak kalah tingginya. Antara lain seperti tiamin, riboflavin, niasin dan piridoxin atau vitamin B6.

Beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari pisang antara lain seperti memberikan tubuh energi lebih, memperlancar pencernaan, memperbaiki suasana hati, meredakan stress dan juga untuk merawat kulit agar terlihat semakin cantik.

Khusus bagi kamu yang ingin melakukan perawatan kulit wajah dengan memanfaatkan buah pisang. Manfaat seperti melembabkan kulit, menghilangkan kantung mata yang gelap, mencegah penuaan dini dan mencegah kulit keriput.

Lebih asyiknya lagi, untuk memanfaatkan buah pisang sebagai bahan perawatan kulit wajahmu, kamu cukup membuat masker dengan beberapa bahan tambahan yang mudah kamu dapatkan. Cara membuatnya pun juga cukup mudah.

Berikut ini beberapa kreasi masker berbahan pisang yang dapat kamu aplikasikan di rumahmu masing-masing.

1Pisang dan Madu

lukipos.com

Kombinasi kedua bahan ini bermanfaat untuk membersihkan kulit sekaligus memastikannya tetap halus dan lembab. Caranya, cukup campurkan satu buah pisang yang sudah dihaluskan dengan satu sendok madu.

Kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah masker yang kamu aplikasikan pada wajah mengering, bilaslah dengan air bersih.

2Pisang dan Air Perasan Lemon

sehatplus.com

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Masker ini sangat tepat untuk kamu gunakan. Kandungan asam sitrat dari air perasan buah lemon akan membersihkan kotoran yang menempel di kulitmu. Sekaligus dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, hancurkan buah pisang yang telah matang dan campurkan dengan air perasan buah lemon. Kemudian aplikasikan pada wajahmu selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

3Pisang dan Bubuk Kunyit

vitalyna.com

Cara yang satu ini terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat yang bandel di wajah. Kandungan anti-bakteri yang ada pada bubuk kunyit berfungsi untuk membasmi jerawat yang muncul.

Caranya dengan mencampurkan pisang yang telah dihancurkan dengan setengah sendok bubuk kunyit. Kemudian oleskan merata pada wajah. Aplikasikan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4Pisang dan Alpukat

penabiru.com

Perpaduan antara buah pisang dan alpukat dapat membuat kulit wajahmu menjadi lebih kenyal dan lembab. Sangat sesuai bagi kamu yang memiliki kulit kering.

Caranya membuatnya pun mudah. Campurkan saja antara pisang dan alpukat yang telah kamu hancurkan dan aplikasikan menjadi masker. Gunakan setiap hari.

5Yoghurt dan Pisang

godlywomanhood.com

Masker yang dibuat dari bahan pisang dan yoghurt dapat berkhasiat mengurangi peradangan dan kemerahan di wajah akibat jerawat.

Bila kamu rutin menggunakannya, maka manfaatnya dapat menenangkan kulit, mengecilkan pori-pori dan membunuh bakteri jahat pada kulit wajahmu.