Ponsel merupakan hal penting dan prioritas utama bagi sebagian besar orang. Tua atau muda, pelajar atau pekerja, orang berpengaruh atau rakyat biasa, semua hampir menggenggamnya.

Tak heran kalau penjualan ponsel dunia meraih rekor cukup tinggi, yaitu 441 juta unit, naik 2% di tahun 2015. Berbeda dengan tahun kemarin. Pasar-pasar di Tiongkok, Amerika Serikat, India dan Eropa waktu itu menurun.

Demikian juga dengan Smartphone. Penjualannya meningkat, menyentuh angka 342 juta unit di kuarter pertama tahun 2015 ini, naik sebanyak 16%.

Berikut ini 7 merk ponsel yang laris manis di pasaran;

1Sony Mobile

sonymobile.com

Markas utama brand ini ada di Jepang dan Swedia. Pada tahun 2001, Sony Mobile berdiri.

Di bulan April tahun 2001, Sony dan Ericsson bersatu sampai kemudian mendirikan Sony Ericsson. Kolaborasi ini fokus pada digital photography dan kemampuan manajemen informasi personal.

2Xiaomi

arstechnica.com

Xiaomi adalah perusahaan elektronik yang bermarkas di kota Beijing, Tiongkok. Pada April 2010 perusahaan ini didirikan.

Xiaomi mendesain, mengembangkan dan tentu menjual smartphone, alat elektronik dan aplikasi ponsel. Pada bulan Agustus tahun 2011, Xiaomi meluncurkan ponsel perdananya.

Lalu pada Desember tahun 2014, Xiaomi jadi teknologi awalan yang paling bernilai di dunia. Sayang, penjualannya di Tiongkok merosot 10% dari target.

Hal itu dikarenakan persaingannya dengan perusahaan lain seperti Meizu, Apple dan Huawei. Namun perusahaan ini meraih penjualan jutaan selama 5 bulan pasca rilis di India.

3LG

techsmart.co.za

LG Electronic merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang berbasis di Kota Seoul. Perusahaan ini berusia cukup tua, sebab didirikan pada tahun 1958 dengan nama Goldstar.

Pada tahun 1997, LG membuat telepon genggam CDMA handset perdana di dunia. Lalu pada tahun 2010, mereka resmi memasuki industri smartphone.

Tablet dan smartphone menjadi andalan produksi perusahaan LG ini. Pada tahun 2013, LG meluncurkan smartphone melengung yang sering disebut G Flex.

Produk ini rilis perdana di Korea Selatan. Lalu menyusul area lain seperti Eropa, Amerika Utara dan Asia. LG juga berencana membuka markas baru di New Jersey.

4Lenovo (+ Motorola)

tekno.kompas.com

Lenovo adalah perusahaan teknologi komputer asal Tiongkok yan didirikan pada tahun 1984. Adapun markas mereka ada di Kota Beijing, Tiongkok.

Mereka juga membuka pusat lain yaitu di Carolina Utara, Amerika Serikat. Perusahaan ini sudah beroperasi di lebih dari 16 negara, sementara penjualannya sudah meliputi 160 negara.

5Microsoft Mobile

techradar.com

Selama kuarter ke-2 tahun 2014 kemarin, Microsoft Mobile melengkapi akuisisi divisi “Nokia Devices & Services”.

Perusahaan ini lalu membentuk Microsoft Mobile untuk bisnis perangkat keras ini. Microsoft Mobile, yang sepenuhnya dimiliki oleh anak perusahaan Microsoft itu, berbasis di Finlandia.

Hal-hal utama yang ditawarkan meliputi desain, pengembangan, pembuatan dan distribusi ponsel, smartphone, tablet dan aksesoris terkait.

6Apple

hapebaru.net

Apple Inc. bermarkas di California, Amerika Serikat. Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan perusahaan ini pada 01 April 1976.

Setelah Samsung Electronic, Apple ini jadi perusahaan IT kedua terbesar. Di Amerika Serikat, Apple jadi perusahaan pertama yang dihargai sampai 700 milyar dollar.

Berdasarkan Interbrand Best Global, Apple jadi merek yang paling menjual. Apalagi di tahun 2015 ini, Apple makin mendulang sukses dengan iPhone yang memiliki layar lebih lebar.

7Samsung

krystakree.blogspot.com

Karena orang-orang sudah mulai beralih pada smartphone, maka penjualan Samsung sebanyak 99 juta ponsel terbilang menurun.

Meski demikian, penjualan smartphone samsung naik jadi 83,3 juta unit. Pada tahun 2014 kemarin, pencapaian ini membuat Samsung merebut kembali tahtanya dari Apple.