Menikah sudah tentu menggabungkan dua kepala menjadi satu. Bukan hanya antara suami dan istri, tetapi dua keluarga pun pasti harus berbaur agar menjadi keluarga besar yang harmonis.

Dalam keluarga yang baru, pasti akan ada penyesuaian antara menantu dan mertua. Alangkah baiknya jika penyesuaian itu berjalan dengan baik.

Sehingga, menantu dan mertua akan terlihat rukun-rukun saja tanpa ada masalah. Tetapi tak jarang dijumpai perbedaan pendapat antara menantu dengan mertua.

Namun, hindarilah beberapa hal ini agar kamu dan mertua tetap memiliki hubungan yang baik dan harmonis.

1Berdebat Mengenai Lebaran Dimana

mclelun.deviantart.com

Orang tua sejatinya ingin anaknya melewati hari-hari spesial bersama, akan tetapi ketika hari yang dimaksud adalah hari raya, bisa jadi kamu sebagai anak menjadi bingung.

Tetapi jangan sampai kamu berdebat dengan mertuamu tentang keinginan untuk berhari raya di rumah orang tuamu. Apalagi jika kamu sampai membandingkan-bandingkan keduanya.

Karena, semua keluarga memiliki karakter dan kebiasaannya sendiri. Cara terbaik adalah membicarakan dengan sopan kepada mertuamu apa yang kamu inginkan sehingga mereka bisa mengerti.

2Tidak Bisa Berkunjung Karena Alasan Sibuk

desainrumahidaman.xyz

Mertuamu pasti paham jika anak-anaknya sibuk untuk bekerja dan mengurus rumah tangga. Tetapi sempatkanlah sesekali untuk berkunjung. Mereka pasti rindu kalian dan juga cucu-cucunya.

Jangan kalian berkata kepada mereka jika kalian sibuk sehingga tidak dapat berkunjung. Mungkin perkataanmu dapat menyakiti hati mertuamu.

Buatlah rencana dengan keluarga kecilmu untuk menemui keluarga dari sang suami atau istri.

3Menjadikan Mertua Sebagai Penghubung Pesan

www.inspiritinc.com

Ada kalanya rumah tangga dirundung suatu masalah, tapi selesaikanlah masalah itu secara baik-baik antara kalian saja, jangan melibatkan orang tua untuk menjadi penengah maupun penyampai pesan.

Mertua kalian pasti akan bingung melihat situasi keluarga kalian yang sedang tidak berjalan dengan baik. Bisa jadi mertuamu akan membela anaknya dan kamu tidak suka itu.

Pasti hal itu akan menjadi awal dari pertikaian antara menantu dan mertua. Jika kalian ingin melibatkan mertua dalam menyelesaikan masalah, bicarakan dengan cara yang baik. Mintalah pendapat mereka untuk kebaikan rumah tanggamu.

4Berbicara Tidak Sopan

fastihoshi.blogspot.com

Terkadang mertua hanya ingin memberikan masukan kepada menantunya agar membantu keberlangsungan rumah tangga anaknya.

Mungkin kamu lama-lama merasa terganggu ketika mertuamu mencoba masuk mencampuri masalah dalam kehidupanmu dan pasangan.

Tapi jangan sampai kamu mengeluarkan kalimat yang akan menyakiti mertuamu. Katakanlah dengan jujur bahwa kamu dapat mengatasi masalah dengan caramu sendiri. Mereka pasti akan mengerti.

5Menyalahkan Mertua dalam Merawat Anak

www.youtube.com

Wajar saja jika seorang nenek memanjakan cucunya. Mereka hanya ingin di hari tuanya melihat kebahagiaan cucu dari anak-anak mereka. Ketika cucu ingin bermain hujan maka mereka biarkan. Ketika cucu mencoret-coret dinding mereka diamkan.

Tetapi kamu tidak suka jika anakmu melakukan hal-hal yang seperti itu. Bicarakan dengan mertuamu alasan kamu tidak memperbolehkan hal-hal yang diizinkan nenek atau kakeknya. Jangan langsung menyalahkan mertua begitu saja.

Karena cara kalian mendidik anak sudah pasti berbeda. Mungkin kamu bisa belajar dari mereka dan balik bertanya alasan mereka membiarkan anakmu mandi hujan atau mencoret tembok.

6Hindari Pembahasan Politik

pasarkaki5.blogspot.com

Membicarakan masalah politik terkadang membuat seseorang sensitif ketika disinggung dengan pilihannya. Lebih baik hindari saja membicarakan masalah politik dengan mertua kalian jika memiliki pendapat yang berbeda, daripada terjadi perang dingin dikemudian hari.

7Dilarang Bertemu Cucu

gigisusu.net

Apa alasanmu melarang sang nenek atau kakek untuk menemui cucunya? Jika hubungan kalian dalam keadaan yang kurang baik, jangan libatkan anak di dalamnya. Karena anak-anakmu juga membutuhkan sosok kakek dan nenek dalam kehidupannya.

Jika kamu berbuat seperti ini, hubungan kalian bukan membaik malah akan lebih buruk lagi, bahkan kamu bisa dinilai buruk dalam keluarga besar pasanganmu.

8Menolak Makanan yang Dihidangkan Mertua

resep-masakan.website

Seorang ibu pasti senang jika makanan yang mereka hidangkan dipuji dan habis tak bersisa disantap oleh keluarganya. Hargailah apa yang telah disiapkan oleh ibu mertuamu ketika kamu berkunjung ke rumah mereka.

Jangan menolak hidangan yang disajikan hanya karena kamu tidak suka untuk memakannya, mereka bisa merasa bersalah dan sakit hati ketika kamu tidak mau menyantap hidangan yang telah disajikan khusus untukmu dan anaknya.