Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang.

Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Bukan itu saja, ginjal juga berperan menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Begitu pentingnya ginjal ini bagi kehidupan kita, namun sayang, masih ada saja orang mempunyai kebiasaan buruk yang justru bisa merusak ginjal, yups, seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

1Menahan Kencing

sooperboy.com

Terkadang, beberapa orang yang sibuk dengan aktivitasnya atau dengan alasan tertentu membuat mereka menunda atau menahan untuk kencing.

Harus kamu tahu Guys, kebiasaan menahan buang air kecil ini bisa memperburuk saluran kemih dan memberi tekanan pada ginjal yang bisa memicu gagal ginjal.

So, mulai sekarang sesibuk apapun kamu, jika memang kamu sudah mulai kebelet, jangan ditahan-tahan lagi ya!

2Sering Makan Makanan Asin

merdeka.com

Konsumsi makanan asin akan membuat tubuh kebanyakan garam. Nah, hal ini bisa membuat darah lebih kental dari seharusnya.

Pada akhirnya, bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa menekan ginjal karena ginjal akan bekerja lebih berat dari biasanya menyaring darah. Ini dia yang dapat merusak ginjal kita Guys.

3Terlalu Banyak Minum Kopi dan Soft Drink

startsatsixty.com.au

Untuk kamu para penggila kopi dan soft drink hati-hati ya. Selain organ lainKeduanya mengandung banyak kafein yang bisa merusak ginjal kamu.

Bahan-bahan dalam minuman ini bisa menyulitkan ginjal dalam menyaring darah dan bisa memberi tekanan berlebih pada ginjal.

4Kurang Tidur

hipwee.com

Tidur menjadi waktu regenerasi jaringan dalam ginjal. Jika kita kurang tidur, hal ini akan menyebabkan ginjal bekerja kurang optimal. Bahayanya, jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan gagal ginjal.

5Kurang Minum Air Putih

citizen6.liputan6.com

Kurang minum air putih juga bisa menyebabkan tubuh kurang cairan Guys. Karenanya, darah bisa tinggi konsentrainya (mengental) dan hal ini membuat ginjal bekerja lebih keras darah menyaring darah.

Jika kita kurang minum, zat sisa dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dengan maksimal, akibatnya tubuh menumpuk racun dalam darah yang perlahan akan merusak tubuh dan ginjal itu sendiri.

Guys, penelitian telah menemukan bahwa vitamin B6 dan magnesium sangat penting untuk ginjal karena bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

Jadi bukan hanya perlu menghindari kebiasaan tersebut, tapi kamu juga perlu makan makanan kaya vitamin B6 seperti telur, susu, ubi, kentang dan sayuran mengandung pati lainnya karena sangat baik untuk penyaring darah pemberian Tuhan satu ini Guys.

Semoga bermanfaat ya