Otak ternyata bisa rusak karena perilaku hidup kita yang tidak sehat. Beragam kebiasaan buruk bisa mengancam kesehatan otak.

Otak yang menjadi komponen utama dalam kehidupan harus dijaga benar. Jangan sampai gangguan bagik fisik maupun psikis bisa mengganggu stabilitas otak.

Nah berikut ini akan disajikan beberapa kebiasaan buruk yang bisa merugikan otak. Jangan sampai kamu menjadi korbannya ya

1Tidak sarapan pagi

pedulisehat.info

Jangan sepelekan sarapan. Ingat, sarapan adalah nutrisi pertama kali bagi tubuh untuk beraktivitas seharian.

Orang yang tidak sarapan pagi kandungan gula darahnya jadi rendah. Ini mengakibatkan tidak cukupnya asupan nutrisi ke otak yang menyebabkan degenerasi fungsi otak.

2Terlalu Banyak Makan

www.penabiru.com

Terlalu banyak makan mengakibatkan pengerasan saluran darah di otak, yang selanjutnya mengakibatkan menurunnya daya pikir.

Terlalu banyak makan juga akan menyebabkan seseorang menjadi malas karena sel-sel dalam tubuhnya dipaksa terus menerus mencerna makanan.

3Merokok

cara.media

Kamu masih merokok? sebaiknya berpikir dua kali untuk segera menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.Merokok mengakibatkan otak mengecil dan ini bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer ini menyerang otak dan biaya penyembuhannya memakan biaya yang tidak sedikit. Penyakit ini juga sangat berbahaya dan butuh perawatan ekstra untuk menyembuhkannya.

4Mengkonsumsi gula kelewat banyak

kesehatan-kulit.info

Apapun kalau kebanyakan biasanya efeknya tidak baik. Termasuk mengonsumsi zat gula terlalu banyak ke dalam tubuh.

Gula yang kelewat banyak berarti menurunnya daya serap protein dan nutrisi penting sehingga kita menderita kurang gizi dan mengganggu pertumbuhan otak.

5Pencemaran udara

www.fakingnews.firstpost.com

Otak adalah konsumen oksigen terbesar di tubuh kita. Menghirup udara tercemar mengurangi asupan oksigen ke otak, sehingga kerja otak kurang effisien.

Maka jauhi lingkungan yang kualitas udaranya tidak baik. Dan yang lebih penting jauhi para perokok!

6Kurang tidur

www.kumpulanmisteri.com

Tidur memberi kesempatan otak kita untuk beristirahat. Kurang tidur secara terus menerus dalam waktu lama akan mempercepat kematian sel-sel otak.

Tubuh perlu rata rata 8 jam tidur dalam satu hari. Jika kurang maka keseimbangan tubuh akan terganggu. Tidur yang cukup ya. Jika kurang tidur di malam hari usahakan bisa kamu tambal dengan tidur siang yang berkualitas.

7Tidur menutup kepala

www.healgrowtransform.com.au

Apa gaya tidur favorit kamu? hati-hati ya ternyata tidur sampil menutup kepala bisa menurunkan fungsi otak.

Tidur dengan kepala ditutup meningkatkan konsentrasi CO2 dan menurunkan konsentrasi O2 dan ini merusak otak. Sebaiknya biarkan kepala tanpa tertutup bantal sehingga aliran udara bisa bebas masuk.

SHARE