Manusia di ciptakan dengan sebaik-baiknya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Manusia juga di beri anugrah otak yang merupakan sebuah sistem pemikiran yang luar biasa, yang dimana kemampuan berpikir dan segala sesuatu yang menggerakan tubuh manusia.

Otak merupakan bagian terpenting dari semua elemen manusia, dimana otak ini yang mengatur, menggerakkan, meniympan atau berfikir semua kegiatan manusia.

Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Bayangkan saja apa yang terjadi ketika otak anda sedikit saja rusak.

Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain, bayangkan, dengan kerumitan otak seperti itu, maka wajib sekali bagi kita untuk menyayangi dan menjaga otak kita. Jangan sampai malah kita merusaknya.

Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kamu tahu, beberapa hal yang merusak otak yang harus dikurangi.

1Merokok

health.kompas.com

Tentu kita tahu bahwa merokok mempunyai segudang efek buruk bagi kesehatan, tak kecuali bagi otak. Merokok dapat merusak sistem ingatan otak. Tidak hnya itu rokok juga akan lama-lama menyusutkan semua sistem fungsi otak, ngeri bukan?

Rokok berasal dari negara yahudi, tapi disana sendiri melarang untuk merokok, hmmmm. Jika pembuatnya saja takut otaknya rusak, kenapa justru kita menikmatinya. Ayo sayangi otak kita kawan.

2Menutup Kepala Saat Tidur

azisnurridwan.wordpress.com

Kamu yang suka menutup kepala saat tidur segera hentikan kebiasaan ini kawan, karena kebiasaan ini sangat berbahaya. Ketika karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar dan ini mengakibatkan rusaknya otak kita.

3Kurang Tidur dan Kebanyakan Tidur

health.kompas.com

Guys, jika tidurmu kurang maka membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tidur memberikan istirahat otak dari bekerja.Jika dipaksa terus untuk bekerja maka sama saja merusaknya perlahan-lahan.

Kebanyakan tidur juga bisa merusak otak, karena dengan kebanyak tidur otak akan menjadi lambat untuk berfikir, sistemnya juga tidak akan beklerja dengan baik. Maka kita harus mengatur tidur dengan sebaik-baiknya agar otak kita terjaga.

4Minuman Beralkohol

internasional.kompas.com

Alkohol yang di konsumsi merupakan racun yang mematikan perlahan-lahan, tak heran ketika manusia meminumnya banyak yang teler atau hilang ingatan. Minuman yang diminum akan bercampur dengan darah yang akhirnya sampai ke otak.

Bagaimana efeknya coba jika otak kita yang seharusnya dikasih nutrisi yang bergizi tapi malah di beri alkohol. Parah dech.

5Udang dan Vitamin C

warungimood.com

Guys, jangan makan udang setelah komsumsi vitamin C,karena ini akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

Mengkonsumsi keduanya dapat menyebabkan turunnya sel stimulus, sehingga ota kita mudah terganggu dan akhirnya menurunnya iQ dan menjadi kebodohan.

6Tidak Sarapan

macampenyakit.com

Kamu yang suka tidak sarapan pagi, kamu harus tahu, bahwa tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah.

Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

7Polusi Udara

coklatkita.com

Otak merupakan bagian tubuh yang paling banyak membutuhkan udara, maka udara bersih wajib sekali bagi otak. Jika banyak udara kotor yang masuk ke dalam otak kita, tentu sistem otak kita juga akan terganggu dan menurun fungsinya.

8Berpikir Berat Saat Sakit

.bodrex.com

Jika kamu sedang sakit, kamu juga harus mengistirahatkan otakmu dari berpikir berat, karena disaat tubuh mu lemas maka nutrisi pada otak juga berkurang sehingga dalam bekerja otak juga menurun, nah ketika itu otak jangan dipaksa untuk berfikir berat.

9Konsumsi Junkfood dan Fastfood

fitgirlcode.com

Makanan yang serba cepat seperti ini memang tidak hanya tidak baik untuk kesehatan tapi juga untuk otak.

10Kurang Air Putih

anneahira.com

Sebagian besar tubuh, hampir 70% nya berasala dari cairan, jika tubuh kurang cairan maka tidak hanya kesehatan yang menurun, kemampuan otak juga menurun.

Nah, itu dia guys beberapa hal yang perlu kita hindari atau dikurangi agar otak kita tetap lancar, bersih dan tentunya sehat.

SHARE