Siapa diantara kamu yang tidak menyukai permen? Makanan manis dengan banyak rasa dan bentuk ini merupakan kegemaran hampir semua orang.

Masih ingatkah kamu? Saat masih kecil, ketika kamu menangis, permen merupakan makanan utama yang dikeluarkan untuk membuat tangisanmu berhenti.

Sehingga tidak salah jika anak kecil itu gemar untuk makan permen, bahkan hingga mereka beranjak dewasa pun kegemaran itu masih ada.

Bagi kamu yang belum tahu, pada tanggal 28 Agustus 2015, sebuah perusahaan permen di Jerman meluncurkan mesin pembuat permen 3 dimensi.

Mereka menggunakan teknologi printing, sebuah teknologi yang tak perlu diragukan lagi kehebatannya. Karena metode printing ini sangat berguna dan membantu manusia dalam segala bidang.

Salah satu mesin printing yang sedang dibicarakan saat ini adalah mesin untuk membuat permen. Permen dengan bentuk 3 dimensi yang menyerupai aslinya.

Permen yang dicetak merupakan permen jelly yang memiliki tekstur kenyal, sehingga kamu perlu menguyah ketika kamu memakannya.

Dengan menggunakan mesin pembuat permen 3 dimensi ini, kamu hanya memerlukan waktu selama 5 menit. Bukan waktu yang lama jika kamu harus menunggu pembuatannya.

Selain itu, kamu dapat membuat permen sesuai dengan keinginanmu. Kamu hanya perlu menggunakan tablet untuk memilih berbagai macam rasa dan bentuk dari permen yang kamu inginkan.

Hingga saat ini hanya tersedia 10 macam rasa dan 7 warna yang berbeda, serta 14 rancangan bentuk permen yang dapat kamu buat. Berat dari satu buah permen yang kamu buat sekitar 15 hingga 20 gram.

Bahan yang digunakan untuk membuat permen jelly ini adalah gluten, permen laktosa dan gelatin. Permen ini bebas alergen, sehingga kamu tidak perlu ragu jika ingin mencoba membuat dan memakannya.

Mari kita lihat bentuk permen apa saja yang bisa dibuat menggunakan mesin printing ini.

1Gurita

boredpanda.com

Wah, gurita ini terlihat mirip dengan bentuk aslinya. Permen berbentuk gurita ini terdiri dari tiga warna, yakni warna merah, hijau dan kuning. Untuk membuat permen gurita lucu ini, kamu harus memulainya dari kaki-kaki gurita.

boredpanda.com
boredpanda.com

Ketika kamu memilih permen apa yang akan kamu buat melalui tablet, maka mesin printing pun akan membuat permen itu segera. Untuk membuat permen gurita ini contohnya.

Mesin akan mengeluarkan permen jelly berwarna merah sebagai kaki-kaki gurita terlebih dahulu, kamu tidak perlu menunggu lama, karena kaki gurita akan segera kering.

Kemudian yang akan dibentuk oleh mesin adalah badan gurita dengan warna yang berbeda. Lalu yang terakhir adalah kepalanya.

Kamu hanya perlu menunggu sekitar 5 menit saja kemudian permen gurita yang cantik ini bisa kamu makan.

2Kupu-kupu

boredpanda.com

Selain bentuk gurita, ternyata ada juga kupu-kupu cantik yang bisa kamu buat menjadi sebuah permen jelly. Permen ini terlihat seperti diberi glitter sehingga memberikan kesan yang indah.

Kamu bisa membuat permen berbentuk kupu-kupu ini dengan membayar seharga Rp 81.000,-.

3Nama

www.foodbev.com

Bukan hanya hewan saja guys, kamu juga bisa membuat permen jelly dengan bentuk nama yang kamu inginkan. Mungkin saja kamu ingin membuatkan nama salah seorang temanmu dalam bentuk permen.

Kemudian permen itu kamu berikan padanya. Bisa jadi permen dengan bentuk nama ini akan menjadi hadiah ulang tahun yang menarik untuk kamu berikan kepada temanmu.

Biaya untuk membuat permen berbentuk nama ini sekitar Rp 160.000,-.

4Kunci

boredpanda.com

Permen jelly berbentuk kunci ini sangat unik. Apakah kamu menginginkannya? Bukan hanya kunci saja yang bisa dibuat oleh mesin canggih itu. Kamu juga bisa membuat pasangannya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Permen dari pasangan kunci sudah pasti lubang kunci, bukankah lucu konsep dari permen ini? Kamu bisa membawa kuncimu kemanapun, kemudian kamu berikan lubang kunci berbentuk hati ini untuk pasanganmu.